Bagaimana Cara Allah Mengubah sikap Doni? Jika Kalian Menjadi Sisi, Apa yang akan Kalian Lakukan Terhadap Temanmu?

Berdasarkan kisah di atas, tuliskan analisis kalian!
1. Bagaimana cara Allah mengubah sikap Doni?
2. Jika kalian menjadi Sisi, apa yang akan kalian lakukan terhadap temanmu? Tuliskan sedikitnya tiga gagasan!
a ............
b ............
c ............

Pertanyaan diatas adalah soal Kegiatan 4: Menganalisis, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 5 Menjadi Ciptaan Baru, halaman 58.

Jawaban:

1. Bagaimana cara Allah mengubah sikap Doni?

Allah mengubah sikap Doni melalui berbagai cara, yaitu:
  • Melalui pergumulan hidup Doni. Pergumulan hidup Doni, seperti pertengkaran dengan ayahnya dan kakaknya, membuatnya merasa kesepian dan tidak nyaman. Hal ini membuat Doni mencari pelarian dari pergumulan hidupnya tersebut. Namun, pelarian yang dipilih Doni, yaitu bergaul dengan teman-teman yang salah, justru semakin memperburuk keadaannya.
  • Melalui kehadiran Sisi. Kehadiran Sisi dalam hidup Doni menjadi pengingat bagi Doni akan hal-hal yang benar. Sisi adalah sahabat yang setia dan peduli kepada Doni. Ia tidak pernah menyerah untuk menolong Doni, bahkan ketika Doni telah berubah menjadi orang yang berbeda.
  • Melalui kasih dan anugerah-Nya. Allah selalu mengasihi dan mengampuni orang-orang yang berdosa, termasuk Doni. Anugerah-Nya yang melimpahlah yang membuat Doni tersentuh dan mau kembali ke jalan yang benar.

Pada akhirnya, Allah mengubah sikap Doni melalui campur tangan-Nya yang penuh kasih dan anugerah. Allah menggunakan pergumulan hidup Doni, kehadiran Sisi, dan kasih serta anugerah-Nya untuk membawa Doni kembali ke jalan yang benar.

2. Jika saya menjadi Sisi, saya akan melakukan hal-hal berikut terhadap teman saya:
  • Saya akan tetap menjalin komunikasi dengan teman saya, meskipun ia telah berubah. Saya akan terus menunjukkan perhatian dan kepedulian saya kepadanya, meskipun ia tidak membalas.
  • Saya akan berusaha memahami apa yang terjadi dalam hidup teman saya. Saya akan mencoba mencari tahu apa yang menyebabkan ia berubah sikap.
  • Saya akan mengajak teman saya untuk berbicara dari hati ke hati. Saya akan menyampaikan kerinduan saya agar ia kembali ke kehidupan yang benar.

Saya percaya bahwa dengan melakukan hal-hal tersebut, saya dapat memberikan pengaruh positif bagi teman saya. Saya dapat membantunya untuk menyadari kesalahannya dan kembali ke jalan yang benar.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut dari ketiga gagasan di atas:

Gagasan 1: Tetap menjalin komunikasi

Ketika seorang teman berubah sikap, hal yang paling mudah dilakukan adalah menjauhi mereka. Namun, hal ini justru tidak akan membantu. Justru sebaliknya, hal ini akan semakin memperburuk keadaan.

Oleh karena itu, jika saya menjadi Sisi, saya akan tetap menjalin komunikasi dengan teman saya, meskipun ia telah berubah. Saya akan terus menunjukkan perhatian dan kepedulian saya kepadanya, meskipun ia tidak membalas.

Hal ini penting dilakukan agar teman saya tahu bahwa saya masih peduli kepadanya. Ia juga akan merasa bahwa ia tidak sendirian.

Gagasan 2: Mencoba memahami

Perubahan sikap seseorang tidak terjadi begitu saja. Pasti ada penyebabnya. Oleh karena itu, jika saya menjadi Sisi, saya akan berusaha memahami apa yang terjadi dalam hidup teman saya.

Saya akan mencoba mencari tahu apa yang menyebabkan ia berubah sikap. Apakah ia mengalami masalah dalam keluarganya? Apakah ia terpengaruh oleh lingkungannya?

Dengan memahami penyebab perubahan sikap teman saya, saya akan dapat memberikan bantuan yang tepat.

Gagasan 3: Mengajak berbicara

Setelah saya memahami apa yang terjadi dalam hidup teman saya, saya akan mengajaknya untuk berbicara dari hati ke hati. Saya akan menyampaikan kerinduan saya agar ia kembali ke kehidupan yang benar.

Dalam percakapan tersebut, saya akan mendengarkan dengan penuh perhatian apa yang ingin disampaikan oleh teman saya. Saya juga akan memberikan nasihat dan dukungan kepadanya.

Saya percaya bahwa dengan berbicara dari hati ke hati, saya dapat menyampaikan pesan saya dengan lebih efektif.

Komentar