Baca Kitab Kisah Para Rasul 9:1-19 mengenai pertobatan Paulus ketika ia sedang dalam perjalanan ke Damsyik! Catat hal-hal penting yang ada dalam teks kemudian diskusikan dengan teman sebangkumu

Baca Kitab Kisah Para Rasul 9:1-19 mengenai pertobatan Paulus ketika ia sedang dalam perjalanan ke Damsyik! Catat hal-hal penting yang ada dalam teks kemudian diskusikan dengan teman sebangkumu! Lalu simpulkan bagaimana cara Roh Kudus berperan dalam peristiwa itu! Atau kalian dapat mendiskusikannya dalam kelompok yang lebih besar lagi kemudian hasil diskusi dipaparkan di depan kelas.

Pertanyaan diatas adalah soal Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 4 Roh Kudus Memperbarui Hidup Orang Beriman, halaman 43.

Jawaban:

Hal-hal penting dalam Kitab Kisah Para Rasul 9:1-19:
  • Saulus, seorang tokoh Yahudi fanatik, sangat membenci pengikut Yesus dan terlibat dalam penganiayaan terhadap mereka.
  • Dalam perjalanannya menuju Damsyik untuk menangkap orang-orang Kristen, Saulus mengalami peristiwa yang mengubah hidupnya selamanya.
  • Tiba-tiba, cahaya terang memancar dari langit, dan Saulus rebah ke tanah. Ia mendengar suara yang berkata, "Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?"
  • Saulus menjadi buta dan tinggal di Damsyik selama tiga hari. Ia berdoa dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan.
  • Tuhan menyuruh Ananias, seorang murid-Nya di Damsyik, untuk pergi menemui Saulus.
  • Ananias pergi menemui Saulus dan meletakkan tangannya ke atas kepalanya. Seketika itu juga, Saulus dapat melihat kembali dan percaya kepada Yesus.
  • Saulus dibaptis dan menjadi salah satu rasul terbesar dan misionaris yang paling produktif.

Diskusi dengan teman sebangku

Berdasarkan hal-hal penting tersebut, kami berdiskusi dengan teman sebangku mengenai cara Roh Kudus berperan dalam peristiwa pertobatan Paulus. Berikut adalah beberapa pendapat kami:
  • Roh Kudus memberikan pertobatan kepada Paulus.
  • Roh Kudus membuka mata hati Paulus untuk melihat kebenaran tentang Yesus Kristus.
  • Roh Kudus memberi kekuatan kepada Paulus untuk bertobat dan menjadi pengikut Yesus.

Kesimpulan

Roh Kudus berperan penting dalam peristiwa pertobatan Paulus. Roh Kudus memberikan pertobatan kepada Paulus, membuka mata hatinya untuk melihat kebenaran tentang Yesus Kristus, dan memberi kekuatan kepadanya untuk bertobat dan menjadi pengikut Yesus.

Penjelasan:
  • Roh Kudus memberikan pertobatan kepada Paulus. Hal ini terlihat dari peristiwa Saulus yang rebah ke tanah dan mendengar suara Yesus yang berkata, "Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?" Peristiwa ini merupakan karya Roh Kudus yang mengubah hati Saulus dari seorang penganiaya menjadi seorang pengikut Yesus.
  • Roh Kudus membuka mata hati Paulus untuk melihat kebenaran tentang Yesus Kristus. Hal ini terlihat dari pertanyaan Saulus yang berkata, "Siapakah Engkau, Tuhan?" Pertanyaan ini menunjukkan bahwa Saulus mulai menyadari kebenaran tentang Yesus Kristus. Roh Kudus membuka mata hati Paulus untuk melihat kebenaran tentang Yesus Kristus, yaitu bahwa Yesus adalah Tuhan.
  • Roh Kudus memberi kekuatan kepada Paulus untuk bertobat dan menjadi pengikut Yesus. Hal ini terlihat dari tindakan Paulus yang bersedia dibaptis dan menjadi pengikut Yesus. Roh Kudus memberi kekuatan kepada Paulus untuk bertobat dan menjadi pengikut Yesus, meskipun ia sebelumnya adalah seorang penganiaya.

Kisah pertobatan Paulus merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Kekristenan. Peristiwa ini menunjukkan bahwa Roh Kudus dapat mengubah siapa saja, bahkan orang yang paling jahat sekalipun. Roh Kudus juga dapat memberikan pertobatan kepada kita, jika kita mau membuka hati kita kepada-Nya.

Komentar