Baca Berita Diatas, Buatlah Analisis Dikaitkan dengan Keutuhan Ciptaan dan Kemukakan Pendapat Kalian, yaitu Jalan Keluar yang Kalian Pikirkan Berkaitan dengan Kasus Tersebut

Baca berita diatas, buatlah analisis dikaitkan dengan keutuhan ciptaan dan kemukakan pendapat kalian, yaitu jalan keluar yang kalian pikirkan berkaitan dengan kasus tersebut.

Pertanyaan diatas adalah soal Mendalami Alkitab, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 11 Keutuhan Ciptaan, halaman 158.

Jawaban:

Analisis Berita Terkait Keutuhan Ciptaan

Berita yang berjudul "Ancaman Serius dari Aksi Penambangan di Sekitar Gunung Merapi" merupakan salah satu contoh kasus yang mengancam keutuhan ciptaan di Indonesia. Penambangan Galian C di sekitar Gunung Merapi telah menimbulkan berbagai kerusakan lingkungan, antara lain:
  • Kerusakan lahan, akibat penggalian tanah dan batu dengan alat berat.
  • Kerusakan air tanah, akibat pencemaran oleh limbah penambangan.
  • Kerusakan hutan, akibat pembukaan lahan baru untuk penambangan.
  • Kerusakan ekosistem, akibat terganggunya keseimbangan alam.

Kerusakan-kerusakan tersebut tentu saja mengancam keutuhan ciptaan, yaitu alam semesta beserta isinya yang diciptakan oleh Tuhan untuk manusia. Manusia sebagai pengelola ciptaan memiliki tanggung jawab untuk menjaga kelestariannya.

Jalan Keluar

Untuk mengatasi kasus penambangan Galian C di sekitar Gunung Merapi, diperlukan upaya-upaya dari berbagai pihak, antara lain:
  • Pemerintah, perlu segera membuat regulasi yang tegas untuk mengatur penambangan Galian C, terutama di kawasan rawan bencana seperti Gunung Merapi. Regulasi tersebut harus berpihak pada kepentingan masyarakat dan lingkungan.
  • Masyarakat, perlu menyadari pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Masyarakat harus menolak penambangan Galian C yang merusak lingkungan.
  • Pengusaha, perlu menerapkan prinsip-prinsip penambangan yang berkelanjutan. Pengusaha harus bertanggung jawab atas dampak lingkungan dari kegiatan penambangannya.

Selain itu, diperlukan juga upaya-upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar Gunung Merapi. Hal ini bertujuan agar masyarakat tidak lagi bergantung pada kegiatan penambangan yang merusak lingkungan.

Beberapa usulan konkret untuk jalan keluar kasus tersebut, antara lain:
  • Pemerintah perlu membentuk tim khusus yang terdiri dari perwakilan pemerintah, masyarakat, dan pengusaha untuk membahas dan mencari solusi terbaik untuk kasus tersebut.
  • Tim tersebut dapat melakukan kajian untuk menentukan zonasi penambangan yang aman dan tidak merusak lingkungan.
  • Tim tersebut juga dapat mengembangkan alternatif mata pencaharian bagi masyarakat di sekitar Gunung Merapi, sehingga mereka tidak lagi bergantung pada kegiatan penambangan.

Dengan upaya-upaya tersebut, diharapkan kerusakan lingkungan akibat penambangan Galian C di sekitar Gunung Merapi dapat dicegah. Dengan demikian, keutuhan ciptaan di kawasan tersebut dapat terjaga.

Komentar