Apakah Kamu Sudah Menjadi Remaja yang Penuh Belas Kasihan? Maukah Kamu Belajar untuk Menjadi Remaja yang Penuh Belas Kasih Terhadap Sesama?

Setelah membaca karakter kelima, coba renungkan:
Apakah kamu sudah menjadi remaja yang penuh belas kasihan? Maukah kamu belajar untuk menjadi remaja yang penuh belas kasih terhadap sesama?

Pertanyaan diatas adalah soal Response Saya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 8 Menjadi Pembawa Damai Sejahtera, halaman 101.

Jawaban:

Apakah kamu sudah menjadi remaja yang penuh belas kasihan?

Saya merasa bahwa saya sudah menjadi remaja yang penuh belas kasihan, tetapi saya masih bisa belajar untuk menjadi lebih baik. Saya selalu berusaha untuk membantu orang lain, terutama yang membutuhkan. Saya juga selalu berusaha untuk bersikap ramah dan sopan kepada semua orang, tanpa memandang perbedaan.

Berikut adalah beberapa contoh tindakan belas kasihan yang pernah saya lakukan:
  • Saya pernah membantu seorang nenek menyeberang jalan.
  • Saya pernah memberikan uang kepada pengemis.
  • Saya pernah membantu teman saya yang sedang kesulitan mengerjakan tugas sekolah.
  • Saya pernah menegur teman saya yang sedang berkata kasar.

Namun, saya juga menyadari bahwa saya masih sering melakukan kesalahan. Misalnya, saya pernah tidak sabar dengan orang lain, atau saya pernah berkata kasar kepada orang lain. Saya masih perlu belajar untuk mengendalikan emosi saya dan bersikap lebih sabar.

Maukah kamu belajar untuk menjadi remaja yang penuh belas kasih terhadap sesama?

Tentu saja saya mau belajar untuk menjadi remaja yang penuh belas kasih terhadap sesama. Saya percaya bahwa belas kasihan adalah salah satu sifat yang paling penting dimiliki oleh seorang manusia. Belas kasihan dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa hal yang ingin saya lakukan untuk belajar menjadi remaja yang penuh belas kasih:
  • Saya akan membaca buku dan artikel tentang belas kasihan.
  • Saya akan berbicara dengan orang-orang yang sudah berpengalaman dalam menunjukkan belas kasihan.
  • Saya akan meluangkan waktu untuk membantu orang lain, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

Saya percaya bahwa dengan belajar dan mempraktekkan belas kasihan, saya dapat menjadi remaja yang lebih baik dan dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Komentar