Apakah Kamu Merasakan Damai dalam Hidup Mu? Mengapa? Jika Tidak, Mengapa? Hal Apa Saja yang Membuat Kamu Tidak Merasa Damai?

Apakah kamu merasakan damai dalam hidup mu? Mengapa? Jika Tidak, mengapa? Hal apa saja yang membuat kamu tidak merasa damai? Tuliskan dan kumpulkan pada guru mu.

Pertanyaan diatas adalah soal Response Saya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 8 Menjadi Pembawa Damai Sejahtera, halaman 98.

Jawaban:

Ya, saya merasakan damai dalam hidup saya. Hal ini karena saya memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan. Saya selalu berusaha untuk mengikuti perintah-Nya dan hidup sesuai dengan ajaran-Nya. Saya juga selalu bersyukur atas apa yang saya miliki, baik yang berupa materi maupun non-materi.

Saya merasa damai ketika saya beribadah kepada Tuhan, berdoa, dan membaca Alkitab. Saya juga merasa damai ketika saya menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. Saya merasa damai ketika saya bisa membantu orang lain dan membuat mereka bahagia.

Namun, ada kalanya saya juga merasa tidak damai. Hal ini biasanya disebabkan oleh hal-hal berikut:
  • Tekanan dari lingkungan. Saya sering merasa tertekan dengan tuntutan dari lingkungan, baik dari keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Saya merasa harus bisa memenuhi harapan mereka, sehingga saya merasa stres dan cemas.
  • Masalah pribadi. Saya juga sering merasa tidak damai ketika saya menghadapi masalah pribadi, seperti masalah keuangan, kesehatan, atau hubungan dengan orang lain. Masalah-masalah ini membuat saya merasa khawatir, takut, dan tidak bahagia.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut, saya berusaha untuk tetap fokus pada hal-hal yang positif. Saya juga berusaha untuk belajar mengelola stres dan mengatasi masalah dengan cara yang sehat. Selain itu, saya juga berusaha untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

Saya percaya bahwa kedamaian adalah hal yang penting dalam hidup. Damai akan membuat kita merasa bahagia, sehat, dan produktif. Oleh karena itu, kita perlu berusaha untuk menciptakan kedamaian dalam hidup kita, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

Penjelasan

Damai adalah keadaan yang tenang dan tenteram. Manusia yang damai adalah manusia yang tidak membiarkan emosi menguasai dirinya. Ia memiliki hati yang tenang dan penguasaan diri yang tinggi.

Dalam ajaran Kristen, kedamaian adalah salah satu buah Roh Kudus. Roh Kudus akan memberikan kita kedamaian jika kita hidup sesuai dengan kehendak-Nya.

Komentar