Apakah Kalian Setuju Bahwa Penjajahan Merampas Hak-Hak Dasar Manusia? Mengapa?

Apakah kalian setuju bahwa penjajahan merampas hak-hak dasar manusia? Mengapa?

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 3 Response Saya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XII, Bab 1 Hak Asasi Manusia, halaman 7.

Jawaban:

Penjajahan adalah suatu keadaan di mana suatu bangsa atau negara menguasai bangsa atau negara lain secara paksa. Penjajahan dapat dilakukan secara langsung, yaitu dengan menempatkan pemerintahannya di wilayah yang dikuasai, atau secara tidak langsung, yaitu dengan menempatkan pemerintahan boneka yang tunduk kepada pemerintahan penjajah.

Hak asasi manusia adalah hak-hak yang melekat pada setiap manusia sejak lahir, tanpa memandang ras, agama, suku bangsa, atau status sosial. Hak asasi manusia bersifat universal, artinya berlaku untuk semua orang di seluruh dunia.

Penjajahan jelas melanggar hak asasi manusia. Penjajah akan mengambil alih kekuasaan dan sumber daya alam dari bangsa yang dikuasainya. Hal ini akan menyebabkan penderitaan bagi rakyat bangsa yang dikuasai, karena mereka kehilangan hak-hak mereka, seperti:
  • Hak atas hidup, kebebasan, dan keamanan. Rakyat bangsa yang dikuasai akan terancam jiwanya jika mereka melawan penjajah.
  • Hak atas kebebasan berpendapat dan berekspresi. Rakyat bangsa yang dikuasai tidak dapat mengemukakan pendapat atau mengekspresikan diri mereka tanpa takut dihukum oleh penjajah.
  • Hak atas kebebasan beragama. Rakyat bangsa yang dikuasai tidak dapat bebas menjalankan agama mereka sesuai dengan keyakinan mereka.
  • Hak atas pendidikan. Rakyat bangsa yang dikuasai tidak dapat memperoleh pendidikan yang layak.
  • Hak atas kesehatan. Rakyat bangsa yang dikuasai tidak dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang layak.

Oleh karena itu, penjajahan jelas merupakan bentuk pelanggaran hak asasi manusia. Penjajahan adalah tindakan yang tidak adil dan tidak manusiawi.

Pendapat Saya

Saya setuju bahwa penjajahan merampas hak-hak dasar manusia. Alasannya:
  • Penjajahan menyebabkan rakyat bangsa yang dikuasai kehilangan hak-hak mereka, seperti hak atas hidup, kebebasan, dan keamanan, hak atas kebebasan berpendapat dan berekspresi, hak atas kebebasan beragama, hak atas pendidikan, dan hak atas kesehatan.
  • Penjajahan juga menyebabkan penderitaan bagi rakyat bangsa yang dikuasai. Rakyat bangsa yang dikuasai akan hidup dalam ketakutan dan ketidakpastian. Mereka akan dipaksa untuk bekerja tanpa upah yang layak, dan mereka akan dirampas sumber daya alam mereka.
  • Penjajahan adalah bentuk pelanggaran hak asasi manusia yang harus dihentikan. Semua bangsa berhak untuk hidup bebas dari penjajahan.

Komentar