Apakah Kalian Memiliki Teman yang Cerdas dan Memiliki Talenta Tapi Tidak Pernah Sombong? Coba Ceritakan Apa yang Dapat Kalian Teladani dari Dirinya

Apakah kalian memiliki teman yang cerdas dan memiliki talenta tapi tidak pernah sombong? Dirinya dapat menjadi teladan bagi kalian. Coba ceritakan apa yang dapat kalian teladani dari dirinya?. Sebaliknya jika kalian merasa dirimu adalah orang yang rendah hati, apa yang dapat diteladani dari dirimu?

Pertanyaan diatas adalah soal Rendah Hati, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 7 Nilai-Nilai Kristiani Menjadi Pegangan Hidup Menurut Kitab Galatia, halaman 78.

Jawaban untuk pertanyaan pertama

Ya, saya memiliki teman yang cerdas dan memiliki talenta tapi tidak pernah sombong. Dia adalah teman sekelas saya yang bernama Andi. Andi selalu mendapatkan nilai yang bagus di sekolah, baik di mata pelajaran akademik maupun non-akademik. Selain itu, Andi juga memiliki bakat di bidang olahraga, musik, dan seni.

Hal yang dapat saya teladani dari Andi adalah sikap rendah hatinya. Meskipun ia sangat cerdas dan memiliki banyak talenta, Andi tidak pernah merasa sombong atau merasa lebih baik dari orang lain. Andi selalu mau membantu teman-temannya yang kesulitan, baik di dalam maupun di luar kelas. Andi juga selalu rendah hati menerima kritik dan saran dari orang lain.

Saya sangat bersyukur memiliki teman seperti Andi. Teladannya telah mengajarkan saya untuk selalu rendah hati, tidak sombong, dan mau membantu orang lain.

Jawaban untuk pertanyaan kedua

Saya merasa diri saya adalah orang yang rendah hati. Saya selalu berusaha untuk tidak menganggap diri saya lebih baik dari orang lain. Saya selalu mau belajar dari orang lain, baik yang lebih tua maupun yang lebih muda dari saya. Saya juga selalu mau membantu orang lain yang membutuhkan.

Hal-hal yang dapat diteladani dari saya adalah sebagai berikut:
  • Saya selalu berusaha untuk tidak menganggap diri saya lebih baik dari orang lain. Saya selalu ingat bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saya tidak pernah merendahkan orang lain, baik yang lebih tua maupun yang lebih muda dari saya.
  • Saya selalu mau belajar dari orang lain. Saya tidak pernah merasa bahwa saya sudah tahu segalanya. Saya selalu mau belajar dari orang lain yang lebih berpengalaman atau yang lebih pintar dari saya.
  • Saya selalu mau membantu orang lain yang membutuhkan. Saya percaya bahwa membantu orang lain adalah salah satu cara untuk menunjukkan kasih dan kepedulian. Saya selalu berusaha untuk membantu orang lain yang membutuhkan, baik dalam hal materi maupun non-materi.

Saya berharap agar saya dapat terus menjadi orang yang rendah hati. Saya ingin menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Komentar