Apa yang dapat Kalian Refleksikan dari Syair Lagu “’Ku Berbahagia?” Tuliskan Refleksi Kalian pada Buku Kerja!

Apa yang dapat kalian refleksikan dari syair lagu “’Ku Berbahagia?” Tuliskan refleksi kalian pada buku kerja!

Pertanyaan diatas adalah soal Mari Bernyanyi, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 5 Menjadi Ciptaan Baru, halaman 54.

Jawaban:

Refleksi Syair Lagu “’Ku Berbahagia”

Syair lagu “’Ku Berbahagia” karya Fanny Crosby ini mengungkapkan kebahagiaan seorang Kristen yang telah diselamatkan oleh Yesus Kristus. Kebahagiaan ini bukan hanya bersifat sementara, tetapi kekal selamanya.

Pada bait pertama, penyair mengungkapkan kebahagiaannya karena memiliki Yesus sebagai kepunyaannya. Yesus adalah pribadi yang abadi, sehingga kebahagiaan yang diberikan-Nya juga abadi. Penyair juga menyatakan bahwa dirinya adalah waris Yesus dan telah ditebus dari dosa oleh-Nya. Hal ini berarti bahwa penyair telah menjadi ciptaan baru oleh kuasa Roh Kudus.

Pada bait kedua, penyair menggambarkan kebahagiaannya dengan kata-kata yang indah. Ia menyatakan bahwa dirinya telah pasrah sempurna kepada Tuhan, sehingga merasakan nikmat penuh dan sukacita sorgawi yang melimpah. Ia juga mendengar lagu malaikat yang amat merdu dan merasakan kasih dan rahmat Tuhan menyertainya.

Pada bait ketiga, penyair menyatakan bahwa dirinya telah menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan. Hal ini membuat hatinya menjadi teduh dan damai. Ia juga menantikan kedatangan kembali Yesus dengan penuh pengharapan.

Secara keseluruhan, syair lagu “’Ku Berbahagia” mengajarkan kita bahwa kebahagiaan sejati hanya dapat ditemukan di dalam Tuhan. Ketika kita memiliki Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita, maka kita akan menjadi ciptaan baru yang penuh dengan kebahagiaan.

Berikut adalah beberapa refleksi yang dapat kita lakukan dari syair lagu ini:
  • Kebahagiaan sejati bukan berasal dari dunia ini, tetapi dari Tuhan. Dunia ini penuh dengan kesenangan dan kenikmatan, tetapi kesenangan dan kenikmatan tersebut bersifat sementara. Hanya kebahagiaan yang berasal dari Tuhan yang kekal selamanya.
  • Kita dapat menjadi ciptaan baru melalui Yesus Kristus. Yesus telah datang ke dunia untuk menyelamatkan manusia dari dosa dan maut. Ketika kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita, maka kita akan menjadi ciptaan baru yang bebas dari dosa dan memiliki hidup yang kekal.
  • Kehidupan orang Kristen seharusnya dipenuhi dengan kebahagiaan. Kebahagiaan ini bukan hanya bersifat sesaat, tetapi harus menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Kita dapat merasakan kebahagiaan sejati ketika kita hidup dalam persekutuan dengan Tuhan dan melakukan kehendak-Nya.

Marilah kita merenungkan syair lagu “’Ku Berbahagia” ini dan memohon kepada Tuhan agar kita dapat mengalami kebahagiaan sejati dalam hidup kita.

Komentar