Apa Saja Faktor Pendukung Terwujudnya Toleransi dalam Kemajemukan di Indonesia?

Apa saja faktor pendukung terwujudnya toleransi dalam kemajemukan di Indonesia?

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 4, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 8 Iman Kristen dan Pancasila, halaman 91.

Jawaban:

Faktor-faktor pendukung terwujudnya toleransi dalam kemajemukan di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Pancasila sebagai dasar negara

Pancasila merupakan ideologi terbuka yang mengakui dan menghormati kemajemukan bangsa Indonesia. Sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, menjadi dasar bagi toleransi antarumat beragama. Sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, menjadi dasar bagi toleransi antarras, suku, dan etnis. Sila ketiga, Persatuan Indonesia, menjadi dasar bagi toleransi antardaerah dan antargolongan. Sila keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan, menjadi dasar bagi toleransi antarideologi dan antarpemikiran. Sila kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, menjadi dasar bagi toleransi antarkelas sosial.

2. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD NRI) Tahun 1945 juga menjadi landasan bagi toleransi dalam kemajemukan di Indonesia. Pasal 29 ayat (2) UUD NRI Tahun 1945 menjamin kebebasan beragama bagi setiap warga negara. Pasal 30 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945 juga menjamin hak setiap warga negara untuk ikut serta dalam pertahanan dan keamanan negara.

3. Pemahaman terhadap nilai-nilai agama

Pemahaman terhadap nilai-nilai agama dapat menjadi faktor pendukung terwujudnya toleransi dalam kemajemukan di Indonesia. Nilai-nilai agama mengajarkan umatnya untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan.

4. Pendidikan

Pendidikan dapat menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai toleransi kepada masyarakat. Pendidikan dapat mengajarkan masyarakat untuk saling memahami dan menghargai perbedaan.

5. Kebijakan pemerintah

Kebijakan pemerintah juga dapat menjadi faktor pendukung terwujudnya toleransi dalam kemajemukan di Indonesia. Pemerintah dapat mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang mendukung toleransi, seperti kebijakan yang melarang ujaran kebencian dan diskriminasi.

Berdasarkan faktor-faktor tersebut, dapat disimpulkan bahwa toleransi dalam kemajemukan di Indonesia dapat terwujud jika semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, maupun lembaga-lembaga keagamaan, bekerja sama untuk mewujudkannya.

Komentar