Apa Pengalaman Pembelajaran yang Membuat Murid Anda Memaknai Materinya? Kira-Kira Prinsip Apa yang Anda Terapkan Waktu Itu?

Apa Pengalaman pembelajaran yang membuat Murid Anda memaknai materinya? kira-kira prinsip apa yang Anda terapkan waktu itu?

Pertanyaan diatas adalah soal Cerita Reflektif, Modul Projek dan Profil Pelajar Pancasila, materi Peran dan Prinsip Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Jawaban:

Refleksi Pengalaman Pembelajaran yang Membuat Murid Memaknai Materi

Sebagai seorang guru, saya percaya bahwa pembelajaran yang bermakna adalah pembelajaran yang membuat murid dapat memahami dan mengaplikasikan materi yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang bermakna juga akan membuat murid lebih termotivasi untuk belajar dan mengembangkan potensinya.

Salah satu pengalaman pembelajaran yang membuat murid saya memaknai materi adalah saat saya memberikan proyek kepada mereka untuk membuat sebuah produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif murid.

Dalam proyek ini, murid diberi kebebasan untuk memilih produk yang ingin mereka buat. Mereka juga harus melakukan riset untuk menentukan bahan dan alat yang dibutuhkan, serta membuat perencanaan dan langkah-langkah pengerjaan.

Salah satu murid saya, sebut saja Andi, memilih untuk membuat sebuah alat untuk membantu penyandang disabilitas. Andi melakukan riset untuk mengetahui kebutuhan penyandang disabilitas, dan kemudian mendesain sebuah alat yang dapat membantu mereka dalam beraktivitas sehari-hari.

Dalam proses pengerjaan proyek, Andi banyak belajar tentang berbagai hal, seperti cara membuat desain, menggunakan alat-alat elektronik, dan bekerja sama dengan orang lain. Ia juga belajar untuk bertanggung jawab dan menyelesaikan tugas dengan baik.

Pada saat presentasi proyek, Andi menjelaskan dengan sangat jelas tentang alat yang ia buat. Ia juga menunjukkan cara menggunakan alat tersebut. Murid-murid lain sangat tertarik dengan alat buatan Andi, dan mereka memberikan banyak pertanyaan.

Dari pengalaman ini, saya melihat bahwa Andi telah benar-benar memaknai materi yang dipelajarinya. Ia tidak hanya mengetahui teori tentang desain, alat elektronik, dan kerja sama, tetapi ia juga dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata.

Prinsip-prinsip yang saya terapkan dalam pembelajaran ini adalah:
  • Berpusat pada murid: Murid diberi kebebasan untuk memilih produk yang ingin mereka buat, sehingga mereka dapat lebih termotivasi untuk belajar.
  • Berorientasi pada masalah: Proyek ini bertujuan untuk memecahkan masalah yang ada di masyarakat, sehingga murid dapat belajar tentang keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
  • Berbasis proyek: Murid belajar dengan cara menyelesaikan proyek, sehingga mereka dapat belajar secara holistik dan mengaplikasikan materi yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari.

Saya percaya bahwa pembelajaran berbasis proyek adalah salah satu cara yang efektif untuk membuat murid memaknai materi. Dengan memberikan proyek yang bermakna, guru dapat membantu murid untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab.

Komentar