Apa Makna Kristiani Bagi Mu? Bagaimana Kalian Mempraktikkan Nilai-Nilai Kristiani dalam Hidup Mu Sebagai Remaja Kristen?

Setelah mempelajari arti nilai-nilai Kristiani, baiklah kalian tuliskan dengan menggunakan pemahaman sendiri apa makna kristiani bagi mu? Bagaimana kalian mempraktikkan nilai-nilai kristiani dalam hidup mu sebagai remaja Kristen?

Pertanyaan diatas adalah soal Respons Saya, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII, Bab 7 Nilai-Nilai Kristiani Menjadi Pegangan Hidup Menurut Kitab Galatia, halaman 74.

Jawaban:

Makna Kristiani Bagiku

Bagiku, Kristiani adalah orang yang percaya kepada Yesus Kristus sebagai Juru Selamat dan Tuhan. Kristiani juga adalah orang yang berusaha untuk hidup sesuai dengan ajaran-ajaran Yesus Kristus.

Kristiani bagiku adalah sebuah identitas yang bermakna. Sebagai seorang Kristiani, aku memiliki keyakinan bahwa aku dikasihi oleh Allah dan memiliki tujuan hidup yang lebih besar dari diriku sendiri. Aku juga memiliki motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik, baik dalam hubunganku dengan Allah, sesama manusia, maupun lingkungan.

Praktik Nilai-Nilai Kristiani dalam Hidupku

Aku berusaha untuk mempraktikkan nilai-nilai Kristiani dalam hidupku sebagai remaja Kristen dengan berbagai cara, antara lain:

1. Kasih
Aku berusaha untuk mengasihi Allah dengan segenap hatiku, jiwaku, dan akal budiku. Aku juga berusaha untuk mengasihi sesama manusia, termasuk orang-orang yang berbeda dariku. Aku berusaha untuk bersikap adil, murah hati, dan peduli kepada sesama.

2. Keadilan
Aku berusaha untuk bertindak adil dalam semua aspek kehidupanku. Aku berusaha untuk menghormati hak-hak orang lain dan tidak merugikan orang lain.

3. Kesetiaan
Aku berusaha untuk setia kepada Tuhan, keluarga, teman, dan orang-orang yang aku kasihi. Aku berusaha untuk menepati janji dan tidak mengecewakan orang lain.

4. Kesabaran
Aku berusaha untuk bersabar dalam menghadapi kesulitan dan tantangan. Aku berusaha untuk tidak mudah marah dan kehilangan kesabaran.

5. Pengampunan
Aku berusaha untuk mengampuni orang yang bersalah kepadaku. Aku berusaha untuk tidak menyimpan dendam dan kebencian.

6. Persatuan
Aku berusaha untuk hidup rukun dan damai dengan orang-orang di sekitarku. Aku berusaha untuk saling menolong dan mendukung satu sama lain.

7. Keteladanan
Aku berusaha untuk menjadi teladan yang baik bagi orang lain. Aku berusaha untuk hidup sesuai dengan ajaran-ajaran Yesus Kristus.

Aku masih terus belajar untuk mempraktikkan nilai-nilai Kristiani dalam hidupku. Aku percaya bahwa dengan mempraktikkan nilai-nilai Kristiani, aku akan menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat menjadi berkat bagi orang lain.

Komentar