Tuliskan Tiga Cara Allah Merawat Kehidupan Manusia

Dua kategori talenta di atas potensial terjadi dalam diri seseorang, yang tentu sangat bergantung pada pemahaman dan peluang yang tersedia di dalamnya. Seseorang dapat mengoptimalkan talentanya untuk dua peluang tersebut, baik konstruktif maupun destruktif. Untuk itu, diperlukan sikap spiritual sehingga talenta yang Tuhan anugerahkan benar-benar berkembang bagi perjalanan hidup kalian.

Tentu hal ini penting untuk kalian alami dan kalian pahami. Sejak awal penciptaan manusia, Allah telah memberikan kepada manusia berbagai kemampuan. Bukan hanya itu. Allah bahkan melakukan perawatan terhadap manusia, baik menempatkan manusia dalam Taman Eden (lihat Kej. 2:8–25) maupun melalui karya keselamatan dalam Kristus (lihat Yoh. 3:16).

Tentu kalian bisa merasakan bagaimana kehidupan yang Tuhan anugerahkan itu. Berbagai talenta yang kalian miliki adalah anugerah Tuhan, demikian juga perjalanan hidup yang kalian jalani selama. Kini saatnya bagi kalian untuk mendeskripsikan sedikitnya tiga cara Allah merawat kehidupan manusia.

Tuliskan tiga cara Allah merawat kehidupan manusia!
1. ................................................................
2. ................................................................
3. ................................................................

Pertanyaan diatas adalah soal Kegiatan 3: Menulis, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas XI, Bab 2 Allah Menganugerahkan Talenta kepada Manusia, halaman 17.

Jawaban:

Tiga cara Allah merawat kehidupan manusia:
  1. Allah menciptakan manusia dengan kasih dan tujuan. Allah menciptakan manusia dengan kasih, sehingga Ia ingin manusia hidup bahagia dan sejahtera. Allah juga menciptakan manusia dengan tujuan, yaitu untuk memuliakan Dia dan menjadi berkat bagi sesama.
  2. Allah memelihara kehidupan manusia secara jasmani dan rohani. Allah memelihara kehidupan manusia secara jasmani dengan menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk hidup, seperti makanan, air, udara, dan tempat tinggal. Allah juga memelihara kehidupan manusia secara rohani dengan memberikan Roh Kudus yang membimbing dan menguatkan manusia.
  3. Allah menyertai manusia dalam suka dan duka. Allah selalu menyertai manusia dalam suka dan duka. Dalam suka, Allah turut bersuka bersama manusia. Dalam duka, Allah memberikan kekuatan dan penghiburan kepada manusia.

Penjelasan:

1. Allah menciptakan manusia dengan kasih dan tujuan

Kasih Allah kepada manusia dinyatakan dalam penciptaan manusia. Allah menciptakan manusia dengan sangat baik dan indah. Allah juga menciptakan manusia dengan akal budi, sehingga manusia dapat mengenal dan mengasihi Allah.

Tujuannya, manusia diciptakan untuk memuliakan Allah dan menjadi berkat bagi sesama. Manusia diciptakan untuk menjadi rekan kerja Allah dalam mewujudkan kasih dan damai sejahtera di dunia.

2. Allah memelihara kehidupan manusia secara jasmani dan rohani

Allah memelihara kehidupan manusia secara jasmani dengan menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk hidup. Allah menciptakan bumi dengan segala kekayaannya, sehingga manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Allah juga memelihara kehidupan manusia secara rohani dengan memberikan Roh Kudus yang membimbing dan menguatkan manusia. Roh Kudus memberikan manusia kemampuan untuk mengenal Allah dan hidup sesuai dengan kehendak-Nya.

3. Allah menyertai manusia dalam suka dan duka

Allah selalu menyertai manusia dalam suka dan duka. Dalam suka, Allah turut bersuka bersama manusia. Allah memampukan manusia untuk menikmati sukacita dan bersyukur kepada-Nya.

Dalam duka, Allah memberikan kekuatan dan penghiburan kepada manusia. Allah membantu manusia untuk menghadapi dan mengatasi dukacita.

Kesimpulan

Allah adalah Pencipta dan Pemelihara kehidupan manusia. Allah menciptakan manusia dengan kasih dan tujuan, memelihara kehidupan manusia secara jasmani dan rohani, serta menyertai manusia dalam suka dan duka.

Komentar