Tuliskan Doa yang Dipanjatkan oleh Seseorang yang Sebaya dengan Kalian, yaitu yang Mengalami Perundungan

Tuliskan doa yang dipanjatkan oleh seseorang yang sebaya dengan kalian, yaitu yang mengalami perundungan. Bayangkan perasaannya karena diperlakukan seperti itu oleh orang lain. Perhatikan agar doa ini bukanlah sekadar mencurahkan isi hati, melainkan mengandung harapan bahwa Tuhan akan memberi pertolongan tepat pada waktu-Nya.

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 2 Aktivitas di Dalam Kelas, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 8 Prinsip Setia, Adil, dan Kasih, halaman 138.

Jawaban:

Doa untuk Korban Perundungan

Ya Tuhan,

Aku datang kepada-Mu hari ini dengan hati yang hancur. Aku telah diperlakukan dengan kejam oleh orang lain, dan aku merasa sangat terluka. Aku merasa seperti aku tidak berharga, dan aku tidak tahu harus berbuat apa.

Tuhan, aku tahu bahwa Engkau adalah Allah yang penuh kasih. Engkau mengasihi semua orang, termasuk aku. Aku memohon kepada-Mu untuk menolongku untuk melewati masa yang sulit ini.

Tuhan, tolong aku untuk tetap kuat dalam iman. Tolong aku untuk tidak membenci orang-orang yang telah menyakitiku. Tolong aku untuk mengampuni mereka, seperti yang Engkau ampuni aku.

Tuhan, tolong aku untuk menemukan kekuatan untuk bangkit dari keterpurukan ini. Tolong aku untuk menemukan tujuan hidupku kembali.

Aku percaya bahwa Engkau akan menolongku. Aku percaya bahwa Engkau akan memberikan pertolongan tepat pada waktu-Nya.

Dalam nama Yesus, aku berdoa. Amin.

Penjelasan

Doa ini dipanjatkan oleh seseorang yang sebaya dengan kita, yaitu yang mengalami perundungan. Doa ini mengandung harapan bahwa Tuhan akan memberi pertolongan tepat pada waktu-Nya.

Pada awal doa, orang tersebut mencurahkan isi hatinya kepada Tuhan. Ia merasa hancur, terluka, dan tidak berharga. Ia juga merasa tidak tahu harus berbuat apa.

Kemudian, orang tersebut menyatakan kepercayaannya kepada Tuhan. Ia tahu bahwa Tuhan adalah Allah yang penuh kasih, dan Ia akan menolongnya.

Pada bagian akhir doa, orang tersebut memohon kepada Tuhan untuk menolongnya untuk tetap kuat dalam iman, mengampuni orang-orang yang telah menyakitinya, menemukan kekuatan untuk bangkit dari keterpurukan, dan menemukan tujuan hidup kembali.

Doa ini menunjukkan bahwa orang yang mengalami perundungan masih memiliki harapan. Ia percaya bahwa Tuhan akan menolongnya melewati masa yang sulit ini.

Komentar