Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban: Pada Tahun Berapa Malcom Knowles Memperkenalkan Konsep Andragogi Melalui Bukunya The Modern Practice Of Adult Education

Soal: Pada tahun berapa Malcom Knowles memperkenalkan konsep andragogi melalui bukunya The Modern Practice of Adult Education: Andragogy vs Pedagogy atau Praktik Modern Pendidikan Orang Dewasa: Andragogi vs Pedagogi, sehingga konsep tersebut dikenal di Amerika Serikat pada tahun...
a. 1950
b. 1970
c. 1940
d. 1930
e. 1960

Jawaban: (b) 1970.

Malcolm Knowles memperkenalkan konsep andragogi melalui bukunya The Modern Practice of Adult Education: Andragogy vs Pedagogy yang diterbitkan pada tahun 1970. Buku ini merupakan karya seminal yang menjadi dasar bagi perkembangan teori andragogi.

Konsep andragogi sendiri sebenarnya sudah ada sejak awal abad ke-19, tetapi baru mulai dikenal luas setelah diterbitkannya buku Knowles. Buku ini mendefinisikan andragogi sebagai teori belajar orang dewasa yang didasarkan pada empat asumsi pokok, yaitu:
  • Orang dewasa belajar dengan tujuan yang jelas dan terarah.
  • Orang dewasa memiliki pengalaman yang luas dan dapat dijadikan sumber belajar.
  • Orang dewasa termotivasi untuk belajar karena kebutuhan mereka sendiri.
  • Orang dewasa belajar secara mandiri dan kolaboratif.

Konsep andragogi telah banyak diadopsi oleh lembaga pendidikan orang dewasa di Amerika Serikat dan di berbagai negara lainnya. Konsep ini menjadi dasar bagi pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, dan strategi penilaian dalam pendidikan orang dewasa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah (b) 1970.