Setelah Mempelajari Perintah Yesus dalam Bab Ini, Apa Saja yang Harus Kalian Ubah atau Perbaiki Agar Lebih Mencerminkan ‘Mengasihi Musuh’?

Setelah mempelajari perintah Yesus dalam bab ini, apa saja yang harus kalian ubah atau perbaiki agar lebih mencerminkan ‘mengasihi musuh’? Bahaslah ini di dalam kelompok masing-masing. Deklarasikan tekad kalian untuk lebih sungguh-sungguh menjalankan perintah Tuhan dalam hidup kalian. Sampaikan deklarasi ini kepada sahabat atau keluarga kalian sehingga mereka dapat mengingatkan kalian dari waktu ke waktu tentang seberapa jauh kalian sudah mewujudkan deklarasi ini dalam kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 3 Aktivitas di Dalam Kelas, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 7 Aku dan Sesamaku, halaman 118.

Jawaban:

Setelah mempelajari perintah Yesus dalam bab 7 “Aku dan Sesamaku”, berikut hal-hal yang harus diubah atau diperbaiki agar lebih mencerminkan ‘mengasihi musuh’:

1. Mengubah pola pikir
Hal pertama yang harus diubah adalah pola pikir kita. Kita harus menyadari bahwa semua orang adalah ciptaan Tuhan, termasuk musuh kita. Oleh karena itu, kita harus menghormati mereka sebagai sesama manusia. Kita juga harus menyadari bahwa musuh kita adalah orang yang membutuhkan kasih Tuhan, sama seperti kita.

2. Mengubah sikap
Kita juga harus mengubah sikap kita terhadap musuh kita. Kita harus berhenti membenci atau dendam kepada mereka. Sebaliknya, kita harus berusaha untuk mengampuni mereka dan mendoakan mereka. Kita juga harus berusaha untuk bersikap ramah dan sopan kepada mereka, bahkan ketika mereka bersikap buruk kepada kita.

3. Mengubah perilaku
Selain mengubah pola pikir dan sikap, kita juga harus mengubah perilaku kita terhadap musuh kita. Kita harus berusaha untuk melakukan hal-hal baik kepada mereka, bahkan ketika mereka tidak melakukannya kepada kita. Kita dapat melakukan hal-hal seperti membantu mereka dalam kesulitan, mendoakan mereka, atau bahkan sekadar menyapa mereka dengan ramah.

Deklarasi tekad

Berikut adalah contoh deklarasi tekad untuk lebih sungguh-sungguh menjalankan perintah Tuhan dalam mengasihi musuh:
  • Aku bertekad untuk mengubah pola pikirku tentang musuhku. Aku akan memandang mereka sebagai sesama manusia yang diciptakan oleh Tuhan.
  • Aku bertekad untuk mengampuni musuhku dan mendoakan mereka. Aku akan berusaha untuk bersikap ramah dan sopan kepada mereka, bahkan ketika mereka bersikap buruk kepadaku.
  • Aku bertekad untuk melakukan hal-hal baik kepada musuhku, bahkan ketika mereka tidak melakukannya kepadaku.

Penyampaian deklarasi kepada sahabat atau keluarga

Kita dapat menyampaikan deklarasi tekad ini kepada sahabat atau keluarga kita. Hal ini bertujuan agar mereka dapat mengingatkan kita dari waktu ke waktu tentang seberapa jauh kita sudah mewujudkan deklarasi ini dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah contoh cara menyampaikan deklarasi kepada sahabat atau keluarga:

“Sahabat, aku ingin berbagi sesuatu denganmu. Aku baru saja mempelajari tentang pentingnya mengasihi musuh. Aku menyadari bahwa aku masih memiliki banyak kekurangan dalam hal ini. Oleh karena itu, aku bertekad untuk mengubah pola pikir, sikap, dan perilakuku terhadap musuhku. Aku ingin lebih sungguh-sungguh menjalankan perintah Tuhan dalam mengasihi musuh. Aku harap kamu dapat mengingatkanku dari waktu ke waktu tentang hal ini.”

Penutup

Mengasihi musuh adalah perintah Tuhan yang sulit untuk dilakukan. Namun, kita harus berusaha untuk melakukannya, sekecil apa pun itu. Dengan mengubah pola pikir, sikap, dan perilaku kita, kita dapat menjadi lebih dekat dengan Tuhan dan mewujudkan kasih-Nya kepada sesama manusia, termasuk musuh kita.

Komentar