Setelah Membaca Cerita tentang Hachiko Ini, Apakah Kalian akan Menyimpulkan Bahwa Seekor Anjing Ternyata Lebih Setia dari Manusia?

Setelah membaca cerita tentang Hachiko ini, apakah kalian akan menyimpulkan bahwa seekor anjing ternyata lebih setia dari manusia? Apa arti kesetiaan dan bagaimana kesetiaan itu diwujudkan? Tuliskan dalam buku catatan kalian.
a. Menurut saya, kesetiaan adalah...
b. Kesetiaan diwujudkan dalam bentuk...

Pertanyaan diatas adalah soal Apersepsi, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 8 Prinsip Setia, Adil, dan Kasih, halaman 124-125.

Jawaban:

a. Menurut saya, kesetiaan adalah sikap atau perilaku yang senantiasa patuh, taat, dan tidak beralih ke lain hati. Kesetiaan dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, baik dalam hubungan antarmanusia, antara manusia dengan hewan, maupun antara manusia dengan Tuhan.

b. Kesetiaan diwujudkan dalam bentuk:
  • Patuh dan taat kepada orang yang dicintai atau dipercayai. Misalnya, seorang suami yang setia kepada istrinya akan senantiasa patuh dan taat kepada istrinya, baik dalam suka maupun duka.
  • Tidak beralih ke lain hati. Misalnya, seorang istri yang setia kepada suaminya akan senantiasa mencintai suaminya dan tidak berpaling kepada pria lain.
  • Mendukung dan memberikan semangat kepada orang yang dicintai atau dipercayai. Misalnya, seorang teman yang setia akan senantiasa mendukung dan memberikan semangat kepada temannya, baik dalam menghadapi kesulitan maupun keberhasilan.

Penjelasan

Kisah tentang Hachiko menunjukkan bahwa seekor anjing dapat menunjukkan kesetiaan yang luar biasa. Hachiko setia menanti kepulangan tuannya, bahkan setelah tuannya meninggal dunia. Kesetiaan Hachiko ini sungguh menyentuh hati banyak orang, dan menjadi teladan bagi manusia.

Namun, bukan berarti seekor anjing lebih setia dari manusia. Kesetiaan manusia juga dapat ditunjukkan dengan berbagai bentuk, bahkan dalam kondisi yang lebih sulit. Misalnya, seorang ibu yang setia merawat anaknya yang sakit parah, atau seorang suami yang setia mendampingi istrinya yang cacat.

Kesetiaan adalah nilai luhur yang harus dijunjung tinggi oleh semua orang. Kesetiaan dapat membuat hubungan antarmanusia menjadi lebih harmonis dan penuh kasih sayang.

Berikut adalah beberapa contoh kesetiaan dalam kehidupan sehari-hari:
  • Seorang suami yang setia kepada istrinya akan senantiasa menjaga kehormatan istrinya dan tidak berselingkuh.
  • Seorang istri yang setia kepada suaminya akan senantiasa mendukung suaminya dalam meraih cita-citanya.
  • Seorang anak yang setia kepada orang tuanya akan senantiasa menghormati dan berbakti kepada orang tuanya.
  • Seorang teman yang setia akan senantiasa ada untuk teman-temannya dalam suka maupun duka.

Kesetiaan dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, baik dalam hal yang besar maupun kecil. Setiap orang dapat menunjukkan kesetiaannya dengan cara yang berbeda-beda. Namun, yang terpenting adalah kesetiaan itu didasarkan pada cinta dan kasih sayang.

Komentar