Setelah Kita Memahami Bahwa Allah Adalah Setia, Adil, dan Penuh Kasih, Bagaimana Kita Merespon Ini Semua

Merespon Kesetiaan, Keadilan, dan Kasih Allah

Setelah kita memahami bahwa Allah adalah setia, adil, dan penuh kasih, bagaimana kita merespon ini semua? Setidak-tidaknya kita diingatkan bahwa kita pun diminta untuk mempraktikkan tiga hal ini dalam hubungan kita dengan-Nya dan dengan sesama. Isilah tabel di bawah ini dengan refleksi kalian terhadap seberapa jauh setia, adil, dan kasih yang sudah kalian lakukan. Apabila memang belum pernah melakukannya, sertakan rencana yang akan dilakukan untuk menunjukkan kesetiaan, keadilan, dan kasih pada satu bulan ke depan. Tuliskanlah ini semua di buku catatan kalian!

Pertanyaan diatas adalah soal Refleksi 3, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 8 Prinsip Setia, Adil, dan Kasih, halaman 140.

Jawaban:

Tabel Refleksi Kesetiaan, Keadilan, dan Kasih


Penjelasan

Kesetiaan, keadilan, dan kasih adalah tiga sifat yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Ketiga sifat ini juga merupakan sifat-sifat yang dimiliki oleh Allah. Oleh karena itu, sebagai umat Kristen, kita dituntut untuk mempraktikkan ketiga sifat ini dalam kehidupan kita, baik dalam hubungan kita dengan Tuhan maupun dengan sesama.

Dalam hubungan dengan Tuhan, kita harus menunjukkan kesetiaan, keadilan, dan kasih dengan cara:
  • Setia, yaitu dengan selalu mengikuti perintah Tuhan, menjaga iman kita, dan tekun dalam mempelajari Alkitab.
  • Adil, yaitu dengan bersikap adil kepada semua orang, tanpa memandang latar belakang mereka, dan memberikan apa yang menjadi hak mereka.
  • Kasih, yaitu dengan mengasihi semua orang, termasuk musuh-musuh kita, dan membantu orang-orang yang membutuhkan.

Dalam hubungan dengan sesama, kita harus menunjukkan kesetiaan, keadilan, dan kasih dengan cara:
  • Setia, yaitu dengan selalu menepati janji kita, menjaga kepercayaan orang lain, dan selalu ada untuk orang-orang yang membutuhkan kita.
  • Adil, yaitu dengan bersikap adil dalam semua aspek kehidupan, baik dalam keluarga, pekerjaan, maupun masyarakat.
  • Kasih, yaitu dengan selalu menolong orang-orang yang membutuhkan, mengampuni kesalahan orang lain, dan mendoakan orang-orang yang membenci kita.

Rencana untuk meningkatkan kualitas sifat-sifat ini

Untuk meningkatkan kualitas sifat-sifat ini, kita perlu melakukan hal-hal berikut:
  • Mempelajari Alkitab, karena Alkitab adalah sumber utama yang mengajarkan kita tentang ketiga sifat ini.
  • Berdoa, memohon kepada Tuhan agar membantu kita untuk menjadi semakin setia, adil, dan penuh kasih.
  • Berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki sifat-sifat ini, karena mereka dapat menjadi contoh dan motivasi bagi kita.

Dengan mempraktikkan ketiga sifat ini dalam kehidupan kita, kita dapat menjadi umat Kristen yang lebih baik dan dapat menjadi berkat bagi orang-orang di sekitar kita.

Komentar