Pikirkan Satu Simbol yang Menggambarkan Perubahan yang Sedang Terjadi Pada Diri Kalian untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Pikirkan satu simbol yang menggambarkan perubahan yang sedang terjadi pada diri kalian untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Kata “sedang” sengaja dicetak tebal untuk mengingatkan kita bahwa sebagai pengikut Kristus, berubah menjadi lebih baik adalah suatu proses yang terjadi sampai tiba saatnya bagi kita untuk meninggalkan dunia ini.

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 1 Aktivitas di Dalam Kelas, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 5 Allah Pembaru Kehidupan, halaman 88.

Jawaban:

Simbol perubahan yang sedang terjadi pada diri saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik adalah tumbuhan yang sedang tumbuh.

Tumbuhan yang sedang tumbuh adalah simbol yang tepat karena menggambarkan perubahan yang terus-menerus terjadi. Tumbuhan yang baru tumbuh akan mulai dengan ukuran yang kecil dan lemah. Namun, seiring berjalannya waktu, tumbuhan tersebut akan tumbuh menjadi lebih besar dan kuat.

Perubahan yang sedang terjadi pada diri saya juga sama seperti tumbuhan yang sedang tumbuh. Saya menyadari bahwa saya masih memiliki banyak kekurangan dan masih perlu banyak belajar. Namun, saya percaya bahwa Allah akan terus membimbing dan menolong saya untuk bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa contoh perubahan yang sedang terjadi pada diri saya:
  • Saya menjadi lebih sabar dan tidak mudah marah.
  • Saya menjadi lebih terbuka dan mau mendengarkan pendapat orang lain.
  • Saya menjadi lebih peduli terhadap sesama dan lingkungan.

Saya percaya bahwa perubahan-perubahan ini adalah bukti bahwa Allah sedang bekerja dalam hidup saya. Saya bersyukur atas kasih dan anugerah-Nya yang telah membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik.

Aktivitas yang dapat saya lakukan untuk menolong saya menyadari dan menunjukkan dalam kehidupan saya bahwa Allah sungguh menjadi pembaru hidup saya adalah:
  • Membaca Alkitab secara rutin. Alkitab adalah sumber utama kita untuk belajar tentang Allah dan kehendak-Nya. Melalui Alkitab, saya dapat mengetahui bahwa Allah adalah pribadi yang penuh kasih dan pengampun. Dia selalu siap untuk mengampuni dan mengubah hidup kita.
  • Berdoa secara rutin. Doa adalah cara kita berkomunikasi dengan Allah. Melalui doa, saya dapat memohon kepada Allah untuk membantu saya bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.
  • Bersosialisasi dengan orang-orang percaya. Bersosialisasi dengan orang-orang percaya dapat membantu saya untuk saling menguatkan dan mendorong satu sama lain untuk bertumbuh dalam iman.

Saya percaya bahwa aktivitas-aktivitas ini akan membantu saya untuk terus bertumbuh dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Komentar