Perhatikan Komposisi Teman-Teman yang Kalian Miliki Saat Ini. Apakah Mereka Terdiri atas Berbagai Latar Belakang Suku, Agama, atau Jenis Kelamin?

Perhatikan komposisi teman-teman yang kalian miliki saat ini. Apakah mereka terdiri atas berbagai latar belakang suku, agama, atau jenis kelamin? Apabila memang belum cukup beragam, apa komitmen yang dapat dibuat untuk menambah keberagaman teman-teman ini? Tuliskan komitmen kalian di buku catatan dan bagikan ke teman-teman kelompok. Sampaikan kepada guru agar di semester mendatang, guru kalian bisa memeriksa kembali apakah betul sudah ada perubahan komposisi teman kalian menjadi lebih beragam dibandingkan dengan komposisi yang saat ini kalian miliki.

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 2 Aktivitas di Dalam Kelas, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 10 Hidup dalam Masyarakat Majemuk, halaman 176.

Jawaban:

Komitmen untuk Meningkatkan Keberagaman Teman

Keberagaman adalah salah satu kekayaan bangsa Indonesia. Keberagaman ini dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti suku, agama, ras, dan budaya. Keberagaman ini harus kita jaga dan kita lestarikan.

Salah satu cara untuk menjaga dan melestarikan keberagaman adalah dengan meningkatkan keberagaman teman. Dengan memiliki teman yang beragam, kita dapat belajar tentang berbagai budaya dan cara pandang yang berbeda. Hal ini dapat membantu kita untuk menjadi lebih toleran dan menghargai perbedaan.

Berikut ini adalah beberapa komitmen yang dapat kita buat untuk meningkatkan keberagaman teman:
  • Buka diri untuk mengenal teman baru dari berbagai latar belakang. Jangan hanya membatasi diri untuk berteman dengan orang-orang yang memiliki latar belakang yang sama dengan kita.
  • Ikutlah kegiatan-kegiatan yang dapat mempertemukan kita dengan orang-orang dari berbagai latar belakang. Misalnya, kegiatan ekstrakurikuler, organisasi, atau kegiatan sosial.
  • Jadilah teman yang terbuka dan toleran. Jangan mudah menilai orang lain dari latar belakangnya.

Berikut ini adalah contoh komitmen yang dapat kita tulis di buku catatan:
  • Saya akan berusaha untuk membuka diri untuk mengenal teman baru dari berbagai latar belakang.
  • Saya akan ikut kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mempertemukan saya dengan orang-orang dari berbagai latar belakang.
  • Saya akan menjadi teman yang terbuka dan toleran, dan tidak mudah menilai orang lain dari latar belakangnya.

Komitmen ini dapat kita bagikan ke teman-teman kelompok. Kita juga dapat menyampaikan komitmen ini kepada guru agar di semester mendatang, guru dapat memeriksa kembali apakah betul sudah ada perubahan komposisi teman kita menjadi lebih beragam dibandingkan dengan komposisi yang saat ini kita miliki.

Dengan komitmen ini, kita dapat membantu untuk menciptakan masyarakat yang lebih beragam dan inklusif.

Komentar