Perhatikan Komposisi Pengunjung yang Hadir dalam Ibadah Gereja Kalian. Apakah Cukup Beragam dari Segi Etnis, Golongan, Pekerjaan dan Status Ekonomi Sosial?

Perhatikan komposisi pengunjung yang hadir dalam ibadah gereja kalian. Apakah cukup beragam dari segi etnis, golongan, pekerjaan dan status ekonomi sosial? Catat hasilnya dan laporkan ke guru pada kesempatan berikutnya!

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 1 Aktivitas di Luar Kelas, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 10 Hidup dalam Masyarakat Majemuk, halaman 176.

Jawaban:

Berdasarkan pengamatan saya pada ibadah gereja hari Minggu, 24 Desember 2023 di Gereja ... (sebutkan nama gereja kalian), komposisi pengunjungnya cukup beragam. Dari segi etnis, pengunjung berasal dari berbagai suku, seperti Batak, Ambon, Nias, Tionghoa, dan lain-lain. Dari segi golongan, pengunjung terdiri dari berbagai usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Dari segi pekerjaan, pengunjung terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari pekerja kantoran, pedagang, petani, hingga ibu rumah tangga. Dari segi status ekonomi sosial, pengunjung terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari kalangan menengah ke atas, menengah, hingga menengah ke bawah.

Meskipun demikian, masih ada beberapa hal yang dapat ditingkatkan untuk meningkatkan keragaman tersebut. Misalnya, gereja dapat mengadakan kegiatan-kegiatan yang menarik bagi berbagai kalangan, seperti kegiatan sosial, kegiatan seni dan budaya, atau kegiatan olahraga. Selain itu, gereja juga dapat bekerja sama dengan gereja-gereja lain dari berbagai denominasi untuk meningkatkan keragaman pengunjung.

Rekomendasi

Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk meningkatkan keragaman pengunjung ibadah gereja:
  • Adakan kegiatan-kegiatan yang menarik bagi berbagai kalangan. Kegiatan-kegiatan ini dapat membantu menarik pengunjung dari berbagai latar belakang, baik etnis, golongan, pekerjaan, maupun status ekonomi sosial.
  • Kerja sama dengan gereja-gereja lain dari berbagai denominasi. Kerja sama ini dapat membantu meningkatkan keragaman pengunjung, terutama dari segi etnis dan denominasi gereja.
  • Sosialisasikan nilai-nilai toleransi dan keberagaman. Nilai-nilai ini penting untuk ditanamkan dalam diri setiap pengunjung gereja, sehingga mereka dapat saling menghargai dan menghormati perbedaan.

Dengan meningkatkan keragaman pengunjung ibadah gereja, gereja dapat menjadi sarana yang lebih efektif untuk menyebarkan nilai-nilai toleransi dan keberagaman.

Komentar