Nyatakan dalam Satu Kalimat Pemahaman yang Kalian Miliki tentang Hidup Baru

Nyatakan dalam satu kalimat pemahaman yang kalian miliki tentang hidup baru!

Pertanyaan diatas adalah soal Refleksi, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 6 Makna Hidup Baru, halaman 101.

Jawaban:

Pernyataan dalam satu kalimat pemahaman saya tentang hidup baru adalah:

“Hidup baru adalah kehidupan yang diubahkan oleh Kristus”

Penjelasan:

Hidup baru adalah sebuah konsep teologis yang mengacu pada perubahan yang terjadi dalam kehidupan seseorang ketika ia menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Perubahan ini terjadi secara radikal, baik secara rohani maupun jasmani.

Dasar Alkitab untuk hidup baru adalah ajaran Yesus Kristus sendiri. Dalam Yohanes 3:3, Yesus berkata, "Barangsiapa lahir dari Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam kerajaan Allah." Kelahiran kembali, atau lahir baru, adalah proses di mana seseorang dilahirkan secara rohani, yaitu dari Roh Kudus. Proses ini terjadi ketika seseorang percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, dan menerima pengampunan dosa dari-Nya.

Hidup baru di dalam Kristus memiliki implikasi yang luas bagi kehidupan seseorang. Secara rohani, hidup baru berarti seseorang telah dibebaskan dari dosa dan hukuman dosa, serta memiliki hubungan yang baru dengan Allah. Secara jasmani, hidup baru dapat membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti karakter, perilaku, dan hubungan dengan orang lain.

Di masa kini, hidup baru tetap menjadi konsep yang penting bagi orang Kristen. Hidup baru adalah dasar bagi kehidupan Kristen yang sejati. Orang Kristen yang telah mengalami hidup baru akan memiliki motivasi dan semangat yang baru untuk mengikuti Kristus dan melayani-Nya.

Berikut adalah beberapa contoh perubahan yang dapat terjadi dalam kehidupan seseorang yang telah mengalami hidup baru:
  • Dari orang yang berdosa menjadi orang yang kudus
  • Dari orang yang hidup dalam kegelapan menjadi orang yang hidup dalam terang
  • Dari orang yang mementingkan diri sendiri menjadi orang yang mengasihi orang lain
  • Dari orang yang tidak memiliki tujuan hidup menjadi orang yang memiliki tujuan hidup yang jelas

Hidup baru adalah sebuah anugerah yang berharga dari Allah. Setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus dapat mengalami hidup baru ini.

Komentar