NKRI dikenal Sebagai Negara yang Memiliki Begitu Banyak Keragaman; Suku, Adat Istiadat, dan Budaya

NKRI dikenal sebagai negara yang memiliki begitu banyak keragaman; suku, adat istiadat, dan budaya. Pernahkah kalian bersyukur untuk semua keragaman yang dimiliki ini? Andaikata kalian diminta menuliskan dalam satu halaman apa yang kalian kagumi dari keberagaman ini, kira-kira apa yang kalian ingin tuliskan? Jelaskan juga mengapa hal itu kalian kagumi!

Pertanyaan diatas adalah soal Pengayaan, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 9 Allah Menolak Diskriminasi, halaman 163.

Jawaban:

Kekagumanku pada Keragaman Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya suku bangsa, adat istiadat, dan budaya yang ada di Indonesia. Sebagai seorang warga negara Indonesia, saya bersyukur atas keragaman yang dimiliki oleh negara kita.

Salah satu hal yang saya kagumi dari keragaman Indonesia adalah kekayaan budayanya. Indonesia memiliki berbagai macam budaya, mulai dari budaya suku-suku asli hingga budaya yang dipengaruhi oleh agama dan budaya luar. Budaya-budaya tersebut termanifestasikan dalam berbagai hal, seperti bahasa, pakaian, makanan, musik, dan seni.

Saya kagum dengan kekayaan budaya Indonesia karena hal ini menunjukkan kekayaan sejarah dan kearifan lokal masyarakat Indonesia. Setiap budaya memiliki cerita dan maknanya masing-masing. Dengan mempelajari budaya-budaya yang ada di Indonesia, kita dapat lebih memahami sejarah dan identitas bangsa kita.

Selain kekayaan budaya, saya juga kagum dengan toleransi yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Meskipun memiliki berbagai macam perbedaan, masyarakat Indonesia pada umumnya hidup rukun dan saling menghormati. Hal ini terlihat dari banyaknya perayaan budaya yang melibatkan berbagai macam suku bangsa.

Saya kagum dengan toleransi masyarakat Indonesia karena hal ini menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang besar dan berbudaya. Kita mampu hidup berdampingan dengan perbedaan tanpa saling menyakiti.

Berikut adalah beberapa contoh keragaman Indonesia yang saya kagumi:
  • Bahasa: Indonesia memiliki lebih dari 700 bahasa daerah. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan bahasa.
  • Agama: Indonesia memiliki enam agama yang diakui, yaitu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang toleran terhadap perbedaan agama.
  • Suku bangsa: Indonesia memiliki lebih dari 300 suku bangsa. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan tradisi.

Keragaman Indonesia adalah sebuah anugerah dari Tuhan. Hal ini harus kita jaga dan pelihara dengan baik. Kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada di antara kita. Dengan demikian, kita dapat mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa yang kokoh.

Pesan Alkitab tentang Menolak Diskriminasi

Pesan Alkitab tentang menolak diskriminasi dapat dilihat dalam berbagai ayat, seperti:

Kejadian 1:27: "Allah menciptakan manusia menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka."

Ayat ini menyatakan bahwa semua manusia diciptakan oleh Allah dengan setara. Tidak ada perbedaan antara manusia satu dengan yang lain, baik dari segi suku, ras, agama, maupun gender.

Roma 2:11: "Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang Yunani, antara budak dan orang merdeka, antara laki-laki dan perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus."

Ayat ini menegaskan bahwa semua orang, tanpa memandang perbedaan apapun, adalah sama di hadapan Allah.

Galatia 3:28: "Karena tidak ada orang Yahudi atau Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus."

Ayat ini juga menyatakan bahwa semua orang adalah sama di hadapan Allah.

Pesan Alkitab tentang menolak diskriminasi ini sangat relevan dengan konteks kehidupan masyarakat Indonesia yang majemuk. Kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada di antara kita. Dengan demikian, kita dapat mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera.

Komentar