Lakukan Percakapan dengan Teman dari Keyakinan yang Berbeda (Bukan Kristen)

Lakukan percakapan dengan teman dari keyakinan yang berbeda (bukan Kristen). Apa saja perbedaan yang ditemukan tentang pemahaman me- ngenai penderitaan, sakit, dan kematian? Laporkan hasil percakapanmu di kelompok masing-masing pada kesempatan berikutnya!

Pertanyaan diatas adalah soal Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 2 Berjalan Besama Allah, halaman 33.

Jawaban:

Pembicaraan dengan teman beragama Islam

Hari: Sabtu, 16 Desember 2023
Waktu: 17.00 WIB
Tempat: Medan, Sumatera Utara

Peserta:

Saya: Nama: [Nama Anda], Agama: Kristen
Teman: Nama: [Nama Teman], Agama: Islam

Percakapan:

Saya: Hai [Nama Teman], apa kabar?

Teman: Baik-baik saja, [Nama Anda]. Kamu sendiri?

Saya: Baik juga. Aku mau tanya, menurutmu, apa arti penderitaan, sakit, dan kematian?

Teman: Menurutku, penderitaan, sakit, dan kematian adalah bagian dari kehidupan manusia. Semua makhluk hidup pasti akan mengalaminya, baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Saya: Sama seperti dalam agama Kristen, ya?

Teman: Ya, sama. Dalam agama Islam, juga diajarkan bahwa penderitaan, sakit, dan kematian adalah ujian dari Allah SWT. Allah SWT menguji manusia untuk mengetahui keimanan dan ketakwaan mereka.

Saya: Aku setuju. Penderitaan, sakit, dan kematian bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk belajar dan menjadi lebih baik.

Teman: Benar. Penderitaan bisa membuat kita lebih bersyukur atas apa yang kita miliki. Sakit bisa membuat kita lebih menghargai kesehatan. Dan kematian bisa membuat kita lebih sadar akan pentingnya hidup.

Saya: Nah, kalau menurutmu, apa perbedaan pemahaman antara Islam dan Kristen tentang penderitaan, sakit, dan kematian?

Teman: Ada beberapa perbedaan, sih. Misalnya, dalam agama Islam, penderitaan dan sakit juga bisa diartikan sebagai hukuman dari Allah SWT. Hal ini bisa terjadi karena dosa-dosa yang kita lakukan.

Saya: Oh, begitu. Dalam agama Kristen, penderitaan dan sakit juga bisa diartikan sebagai hukuman dari Tuhan, tapi itu hanya berlaku bagi orang-orang yang tidak percaya kepada-Nya.

Teman: Ya, benar. Selain itu, dalam agama Islam, kematian juga diartikan sebagai awal dari kehidupan yang baru. Setelah kematian, manusia akan dibangkitkan di akhirat dan akan diadili oleh Allah SWT.

Saya: Dalam agama Kristen, kematian juga diartikan sebagai awal dari kehidupan yang baru. Tapi, kita tidak akan diadili oleh Tuhan. Kita akan langsung masuk ke surga atau neraka, tergantung pada iman kita.

Teman: Hmm, menarik juga ya. Aku jadi lebih paham tentang pemahaman Islam tentang penderitaan, sakit, dan kematian.

Saya: Aku juga. Terima kasih sudah mau berbagi denganku.

Teman: Sama-sama.

Kesimpulan:

Dari percakapan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa perbedaan pemahaman antara Islam dan Kristen tentang penderitaan, sakit, dan kematian. Perbedaan-perbedaan tersebut antara lain:
  • Penderitaan dan sakit bisa diartikan sebagai ujian dari Allah SWT atau hukuman dari Allah SWT.
  • Kematian diartikan sebagai awal dari kehidupan yang baru, di mana manusia akan dibangkitkan di akhirat dan akan diadili oleh Allah SWT.

Perbedaan-perbedaan ini tidak perlu diperdebatkan, karena keduanya merupakan keyakinan masing-masing agama. Namun, perbedaan ini bisa menjadi sarana untuk saling belajar dan memahami satu sama lain.

Komentar