Jika Kalian Menjadi Jennifer, Apa yang Akan Kalian Katakan Kepada Ronald?

Jika kalian menjadi Jennifer, apa yang akan kalian katakan kepada Ronald? Apabila kalian menjadi Ronald, apa yang akan kalian sampaikan kepada Jennifer? Setelah kalian belajar tentang pesan Alkitab untuk mengasihi sesama seperti diri sendiri, apakah kini kalian bisa membayangkan apa yang seharusnya dilakukan oleh Jennifer dan Ronald?

Pertanyaan diatas adalah soal Refleksi 1, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 7 Aku dan Sesamaku, halaman 116.

Jawaban:

Sebagai Jennifer, mungkin aku akan memulai pertemuan dengan permintaan maaf yang tulus kepada Ronald. Aku akan mengungkapkan penyesalanku atas kesalahan yang terjadi, menjelaskan bahwa aku tidak bermaksud menyakiti orang yang tidak bersalah. Aku akan mencoba menjelaskan bagaimana kesaksianku salah dan memberikan penjelasan sebaik mungkin tentang bagaimana hal ini bisa terjadi. Selain itu, aku akan berusaha memahami perasaan Ronald dan memberikan dukungan serta pengertian.

Sebagai Ronald, mungkin aku akan mencoba memahami bahwa orang bisa melakukan kesalahan, dan aku akan berusaha untuk memaafkan Jennifer. Aku mungkin akan berbicara tentang bagaimana pengalaman di penjara telah memengaruhi hidupku dan bagaimana aku berusaha mempertahankan kebenaranku. Aku juga akan mencoba memahami perasaan Jennifer dan memberinya kesempatan untuk menjelaskan dirinya.

Setelah belajar tentang pesan Alkitab mengenai mengasihi sesama seperti diri sendiri, keduanya seharusnya mencoba membangun pemahaman dan kepercayaan satu sama lain. Mereka bisa bekerja sama untuk memberikan kesaksian yang benar dan mencegah kesalahan serupa terjadi di masa depan. Mengutamakan kejujuran, pengertian, dan belajar dari kesalahan merupakan langkah-langkah yang seharusnya diambil, sesuai dengan ajaran Alkitab tentang kasih dan pengampunan.

Komentar