Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JAWABANNYA (D): Ki Hadjar Dewantara beranggapan bahwa budi pekerti adalah kemampuan kodrat manusia atau individu yang berkaitan dengan bagian biologis dan berperan menentukan karakter seseorang

Berikut adalah soal nomor 1 dan kunci jawban post test modul 4 Merdeka Belajar pembelajaran SMP:

Ki Hadjar Dewantara beranggapan bahwa budi pekerti adalah kemampuan kodrat manusia atau individu yang berkaitan dengan bagian biologis dan berperan menentukan karakter seseorang. Berikut adalah bagian biologis yang dimaksud, kecuali…
A. Rasa takut
B. Cemas
C. Percaya Diri
D. Pengetahuan

Jawaban yang benar adalah (D) Pengetahuan.

Penjelasan:

Menurut Ki Hadjar Dewantara, budi pekerti adalah kemampuan kodrat manusia atau individu yang berkaitan dengan bagian biologis dan berperan menentukan karakter seseorang. Bagian biologis yang dimaksud adalah bagian yang berhubungan dengan rasa, seperti rasa takut, cemas, dan percaya diri.

Pengetahuan adalah hasil dari proses berpikir, bukan bagian dari rasa. Pengetahuan dapat diperoleh dari pengalaman, pendidikan, atau pembelajaran. Pengetahuan dapat membantu seseorang untuk menentukan tindakannya, tetapi tidak menentukan karakternya.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing pilihan jawaban:
  • Rasa takut adalah emosi yang muncul ketika seseorang merasa terancam atau khawatir. Rasa takut dapat menjadi pendorong seseorang untuk menghindari bahaya atau mengambil tindakan pencegahan.
  • Cemas adalah emosi yang mirip dengan rasa takut, tetapi lebih ringan dan tidak spesifik. Cemas dapat muncul karena berbagai hal, seperti stres, kecemasan, atau kekhawatiran.
  • Percaya diri adalah keyakinan seseorang terhadap kemampuan dirinya sendiri. Percaya diri dapat membantu seseorang untuk bersikap positif dan optimis.
  • Pengetahuan adalah kumpulan informasi yang diperoleh seseorang melalui pengalaman, pendidikan, atau pembelajaran. Pengetahuan dapat membantu seseorang untuk memahami dunia dan membuat keputusan.

Jadi, jawaban yang benar adalah (D) Pengetahuan karena pengetahuan bukan bagian dari rasa, melainkan hasil dari proses berpikir.