JAWABAN: SMP Bahagia memiliki rombongan belajar yang cukup besar dan memiliki siswa sebanyak 648 orang

SMP Bahagia memiliki rombongan belajar yang cukup besar dan memiliki siswa sebanyak 648 orang. Guru-guru di sekolah berasal dari daerah setempat yang tidak begitu jauh jaraknya. Mereka saling bekerja sama untuk memfasilitasi siswa dan berusaha untuk meningkatkan prestasi sekolah.

Setiap akhir tahun, SMP Bahagia mengadakan pentas seni dan perpisahan bagi siswa kelas IX. Saat ini, panitia pentas seni sedang mengadakan persiapan di aula sekolah. Di sudut ruangan aula terlihat dua orang guru yaitu Pak Adi dan Pak Bandi yang sedang berdebat dan saling tidak mau mengalah. Mereka merasa paling cocok untuk menghias dinding panggung.

Pak Suhardi mencoba menengahi keduanya dengan berdiskusi mencari jalan terbaik. Akhirnya, Pak Bandi memilih untuk menghias taman di depan panggung.

Dalam kaitan dengan Pembelajaran Sosial Emosional, Pak Suhardi telah membantu menguatkan kompetensi … pada Pak Bandi dan Pak Adi.
A. Manajemen diri
B. Kesadaran diri
C. Keterampilan berelasi
D. Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab
E .Kesadaran diri

Jawaban: (D) Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab

Penjelasan:

Pak Suhardi telah membantu Pak Bandi dan Pak Adi untuk menyelesaikan konflik mereka dengan cara berdiskusi mencari jalan terbaik. Hal ini menunjukkan bahwa Pak Suhardi telah membantu mereka untuk mengembangkan kompetensi pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Kompetensi pengambilan keputusan yang bertanggung jawab adalah kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Kompetensi ini meliputi kemampuan untuk mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi, mempertimbangkan berbagai alternatif, dan membuat keputusan yang tepat.

Dalam kasus Pak Bandi dan Pak Adi, Pak Suhardi membantu mereka untuk menyelesaikan konflik mereka dengan cara berdiskusi. Pak Suhardi membantu mereka untuk mengidentifikasi masalah, yaitu mereka tidak dapat bersepakat siapa yang akan menghias dinding panggung. Pak Suhardi juga membantu mereka untuk mengumpulkan informasi, yaitu dengan menanyakan pendapat masing-masing guru. Pak Suhardi kemudian membantu mereka untuk mempertimbangkan berbagai alternatif, yaitu Pak Bandi bisa menghias dinding panggung atau Pak Adi bisa menghias dinding panggung. Akhirnya, Pak Suhardi membantu mereka untuk membuat keputusan yang tepat, yaitu Pak Bandi memilih untuk menghias taman di depan panggung.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pak Suhardi telah membantu menguatkan kompetensi pengambilan keputusan yang bertanggung jawab pada Pak Bandi dan Pak Adi.

Komentar