JAWABAN! Seseorang yang Menerapkan Teknik Berkesadaran Penuh (Mindfulness) Diyakini Mampu Menjalankan Aktivitasnya dengan Baik

Soal: Seseorang yang menerapkan teknik berkesadaran penuh (mindfulness) diyakini mampu menjalankan aktivitasnya dengan baik. Berikut ini termasuk teknik mempraktikkan kesadaran penuh, kecuali….
A. Menikmati pemandangan sambil membiarkan pikiran mengembara bebas
B. Mengamati berbagai perasaan yang muncul
C. Mengungkapkan rasa terima kasih tentang 3 hal yang kita syukuri
D. Menuliskan pikiran dan perasaan yang muncul saat ini tanpa menilainya
E. Memfokuskan diri pada 3 hal yang dapat dilihat, didengar, dan dirasakan

Jawaban:

Pilihan yang benar adalah (A), menikmati pemandangan sambil membiarkan pikiran mengembara bebas.

Penjelasan:

Teknik mindfulness adalah teknik untuk memusatkan perhatian pada saat ini, tanpa penilaian. Pada pilihan (A), pikiran dibiarkan mengembara bebas, yang berarti tidak fokus pada saat ini. Hal ini dapat membuat seseorang menjadi lalai dan tidak fokus pada aktivitas yang sedang dilakukan.

Sedangkan, pilihan (B), (C), (D), dan (E) semuanya merupakan teknik mindfulness yang tepat.

Pada pilihan (B), mengamati berbagai perasaan yang muncul, merupakan teknik mindfulness untuk mengenali dan menerima berbagai perasaan yang muncul, tanpa menilainya.

Pada pilihan (C), mengungkapkan rasa terima kasih tentang 3 hal yang kita syukuri, merupakan teknik mindfulness untuk memfokuskan perhatian pada hal-hal positif dalam hidup.

Pada pilihan (D), menuliskan pikiran dan perasaan yang muncul saat ini tanpa menilainya, merupakan teknik mindfulness untuk mencatat pikiran dan perasaan yang muncul, tanpa menghakiminya.

Pada pilihan (E), memfokuskan diri pada 3 hal yang dapat dilihat, didengar, dan dirasakan, merupakan teknik mindfulness untuk memusatkan perhatian pada pengalaman indrawi saat ini.

Jadi, jawaban yang benar adalah pilihan (A), menikmati pemandangan sambil membiarkan pikiran mengembara bebas.

Komentar