Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JAWABAN: Sekolah Merdeka Memiliki Banyak Guru dan Murid. Pada Bulan Juli Ini Mereka Sedang Mengadakan Kegiatan Persiapan Perlombaan 17 Agustus di Kecamatan Setempat

Soal: Sekolah Merdeka memiliki banyak guru dan murid. Pada Bulan Juli ini mereka sedang mengadakan kegiatan persiapan perlombaan 17 Agustus di kecamatan setempat. Mereka sedang membuat kendaraan hias yang akan ditampilkan pada acara defile nanti. Tim pembuat mobil hias diketuai oleh Pak Sanjaya dengan dibantu oleh lima orang guru yang lainnya. Mereka memiliki waktu empat hari dalam menyelesaikan mobil hias milik sekolah. Di saat mereka sedang menghias mobil ada dua orang guru yaitu Pak Riki dan Pak Nano yang sedang berselisih. Masing-masing merasa berhak untuk menghias bagian depan mobil. Keduanya tidak mau mengalah. Lalu Pak Sanjaya mencoba mendekati dam melerai keduanya serta menenangkannya. Beliau mengajak keduanya untuk berdiskusi. Agar pekerjaan tim mobil hias cepat selesai, Pak Sanjaya menawarkan salah satu dari mereka bersedia untuk pindah menghias di bagian belakang. Akhirnya Pak Riki yang bersedia untuk melakukannya.

Dalam kaitan dengan Pembelajaran Sosial Emosional, Pak Sanjaya telah membantu menguatkan kompetensi… pada Pak Riki dan Pak Nano.
A. Kesadaran diri
B. Kesadaran diri
C. Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab
D. Manajemen diri
E. Keterampilan berelasi

Jawaban yang tepat adalah (E) Keterampilan berelasi.

Pembahasan:

Kesadaran diri (self-awareness) adalah kemampuan untuk mengenali emosi dan pikiran diri sendiri, serta memahami dampak emosi dan pikiran tersebut terhadap perilaku. Dalam kasus ini, Pak Riki dan Pak Nano tidak menyadari bahwa emosi mereka yang sedang marah telah memengaruhi perilaku mereka, sehingga mereka tidak dapat berdiskusi dengan baik.

Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab (responsible decision making) adalah kemampuan untuk membuat keputusan yang bijaksana dan tepat, dengan mempertimbangkan konsekuensi dari keputusan tersebut. Dalam kasus ini, Pak Sanjaya membantu Pak Riki dan Pak Nano untuk membuat keputusan yang bertanggung jawab, yaitu dengan berdiskusi dan saling mengalah.

Manajemen diri (self-management) adalah kemampuan untuk mengendalikan emosi, pikiran, dan perilaku. Dalam kasus ini, Pak Sanjaya membantu Pak Riki dan Pak Nano untuk mengendalikan emosi mereka yang sedang marah.

Keterampilan berelasi (relationship skills) adalah kemampuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Dalam kasus ini, Pak Sanjaya membantu Pak Riki dan Pak Nano untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik, yaitu dengan berdiskusi dan saling mengalah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah (E) Keterampilan berelasi.