JAWABAN: Salah Satu Ketrampilan Kunci dalam Melakukan Percakapan Coaching adalah Mengajukan Pertanyaan dengan Tujuan Tertentu atau Pertanyaan Berbobot

Soal: Salah satu ketrampilan kunci dalam melakukan percakapan coaching adalah mengajukan pertanyaan dengan tujuan tertentu atau pertanyaan berbobot. Pertanyaan berbobot memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Kecuali…
A. Bersifat terbuka
B. Bersifat eksploratif
C. Diajukan di momen yang tepat
D. Hasil kajian yang mendalam
E. Membantu coachee

Jawaban yang tepat adalah (D), yaitu Hasil kajian yang mendalam.

Pertanyaan berbobot adalah pertanyaan yang memiliki tujuan tertentu untuk membantu coachee dalam mencapai tujuannya. Pertanyaan tersebut harus bersifat terbuka, eksploratif, dan diajukan di momen yang tepat. Pertanyaan tersebut juga harus membantu coachee untuk mengamati dirinya sendiri dan merangsangnya untuk merangkai ide.

Hasil kajian yang mendalam bukanlah ciri dari pertanyaan berbobot. Pertanyaan berbobot dapat diajukan berdasarkan kajian yang mendalam, tetapi tidak selalu demikian. Pertanyaan berbobot juga dapat diajukan berdasarkan pengalaman, intuisi, atau sekadar inisiatif dari coach.

Berikut adalah penjelasan singkat dari masing-masing ciri pertanyaan berbobot:

Bersifat terbuka
Pertanyaan berbobot harus bersifat terbuka, yaitu pertanyaan yang tidak dapat dijawab dengan satu kata atau kalimat singkat. Pertanyaan ini memberikan kesempatan kepada coachee untuk berpikir dan memberikan jawaban yang lebih mendalam.

Bersifat eksploratif
Pertanyaan berbobot harus bersifat eksploratif, yaitu pertanyaan yang mendorong coachee untuk mengeksplorasi ide-ide baru atau sudut pandang baru. Pertanyaan ini membantu coachee untuk melihat situasi dari berbagai perspektif.

Diajukan di momen yang tepat
Pertanyaan berbobot harus diajukan di momen yang tepat, yaitu momen ketika coachee siap untuk berpikir dan menjawab pertanyaan tersebut. Pertanyaan yang diajukan di momen yang tidak tepat dapat membuat coachee merasa terganggu atau tertekan.

Membantu coachee
Pertanyaan berbobot harus membantu coachee dalam mencapai tujuannya. Pertanyaan ini harus mendorong coachee untuk berpikir secara kritis, memecahkan masalah, dan membuat keputusan yang lebih baik.

Dengan memahami ciri-ciri pertanyaan berbobot, coach dapat mengajukan pertanyaan yang efektif untuk membantu coachee mencapai tujuannya.

Komentar