Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JAWABAN: Pernyataan Manakah yang Paling Tepat untuk Pembelajaran Berdeferensiasi?

Soal: Pernyataan manakah yang paling tepat untuk Pembelajaran Berdeferensiasi?
A. Pembelajaran berdiferensiasi diperlukan agar kita dapat menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.
B. Setiap anak memiliki kemampuan berbeda, sehingga pembelajaran harus dibuat secara individual berdasarkan pengetahuan awal setiap murid
C. Pembelajaran berdiferensiasi diperlukan agar standar kurikulum dapat disesuaikan dengan kecepatan murid dalam mencapai standar kurikulum.
D. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan solusi untuk merespon atas masalah yang muncul dalam pembelajaran.
E. Pembelajaran berdiferensiasi dibutuhkan untuk mengakomodasi kebutuhan anak yang tingkat pemahamannya lebih tinggi dari yang lainnya.

Jawaban:

Pernyataan yang paling tepat untuk Pembelajaran Berdiferensiasi adalah A. Pembelajaran berdiferensiasi diperlukan agar kita dapat menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Hal ini didasari oleh kenyataan bahwa setiap murid memiliki kemampuan, minat, dan gaya belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pembelajaran berdiferensiasi berupaya untuk menyesuaikan proses pembelajaran agar dapat memenuhi kebutuhan belajar masing-masing murid.

Pernyataan B tidak tepat karena pembelajaran berdiferensiasi tidak harus dibuat secara individual. Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan memberikan pilihan kegiatan, mengubah tingkat kesulitan materi, atau menyesuaikan metode pembelajaran.

Pernyataan C tidak tepat karena pembelajaran berdiferensiasi tidak dimaksudkan untuk menyesuaikan standar kurikulum. Standar kurikulum tetap harus dicapai oleh semua murid, tetapi pembelajaran berdiferensiasi dapat membantu murid mencapai standar kurikulum sesuai dengan kemampuan dan kecepatan masing-masing.

Pernyataan D tidak tepat karena pembelajaran berdiferensiasi bukan hanya solusi untuk merespon atas masalah yang muncul dalam pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk semua murid, baik yang memiliki masalah dalam belajar maupun yang tidak.

Pernyataan E tidak tepat karena pembelajaran berdiferensiasi juga dibutuhkan untuk mengakomodasi kebutuhan anak yang tingkat pemahamannya lebih rendah dari yang lainnya. Pembelajaran berdiferensiasi adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang holistik, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan belajar semua murid, baik yang memiliki kemampuan tinggi maupun rendah.

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan di atas adalah A. Pembelajaran berdiferensiasi diperlukan agar kita dapat menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.