JAWABAN! Percakapan Pra-Observasi dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik Biasanya Berlangsung Singkat Sekitar 15 Sampai 20 Menit

Soal: Percakapan pra-observasi dalam pelaksanaan supervisi akademik biasanya berlangsung singkat sekitar 15 sampai 20 menit. Dengan menggunakan percakapan coaching untuk perencanaan, supervisor dapat mencatat apa yang menjadi sasaran pengembangan guru dan menginformasikan kepada guru prosedur supervisi akademik ini.

Berikut adalah prosedur percakapan coaching dalam pra observasi pada proses supervise akademik, yaitu: Kecuali…
A. Supervisor menyampaikan tujuan besar supervisi dan tujuan dari percakapan awal.
B. Guru menginformasikan aspek perkembangan yang hendak diobservasi
C. Supervisor menginformasikan bahwa ia akan melakukan penilaian kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru di kelas
D. Supervisor dan guru menyepakati sasaran observasi, waktu kunjungan kelas dan waktu percakapan pasca-observasi
E. Guru menyampaikan rancangan pelaksanaan pembelajaran dan menjelaskan aspek aspek penting dalam pembelajaran

Jawaban: E

Prosedur percakapan coaching dalam pra-observasi pada proses supervisi akademik adalah sebagai berikut:
  • Supervisor menyampaikan tujuan besar supervisi dan tujuan dari percakapan awal.
  • Guru menginformasikan aspek perkembangan yang hendak diobservasi.
  • Supervisor menginformasikan bahwa ia akan melakukan penilaian kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru di kelas.
  • Supervisor dan guru menyepakati sasaran observasi, waktu kunjungan kelas dan waktu percakapan pasca-observasi.

Penjelasan:

Dari kelima pilihan jawaban, hanya (E) yang tidak termasuk dalam prosedur percakapan coaching dalam pra-observasi pada proses supervisi akademik. Hal ini karena (E) merupakan kegiatan yang dilakukan setelah observasi, yaitu pada tahap percakapan pasca-observasi.

Pada tahap pra-observasi, supervisor dan guru berfokus pada perencanaan observasi. Supervisor perlu mengetahui aspek perkembangan yang hendak diobservasi oleh guru, sehingga ia dapat memberikan umpan balik yang tepat. Oleh karena itu, (E) yang merupakan kegiatan guru menyampaikan rancangan pelaksanaan pembelajaran dan menjelaskan aspek-aspek penting dalam pembelajaran, tidak termasuk dalam prosedur percakapan coaching dalam pra-observasi.

Berikut adalah penjelasan singkat dari masing-masing pilihan jawaban:
  • (A) Supervisor menyampaikan tujuan besar supervisi dan tujuan dari percakapan awal. Hal ini penting dilakukan agar guru memahami tujuan dari supervisi akademik dan dapat mempersiapkan diri dengan baik.
  • (B) Guru menginformasikan aspek perkembangan yang hendak diobservasi. Hal ini penting dilakukan agar supervisor dapat memahami fokus observasi dan dapat memberikan umpan balik yang tepat.
  • (C) Supervisor menginformasikan bahwa ia akan melakukan penilaian kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru di kelas. Hal ini perlu dilakukan agar guru mengetahui bahwa observasi akan dilakukan untuk menilai kinerjanya.
  • (D) Supervisor dan guru menyepakati sasaran observasi, waktu kunjungan kelas dan waktu percakapan pasca-observasi. Hal ini penting dilakukan agar observasi dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana.

Komentar