JAWABAN: Pembelajaran Sosial dan Emosional bagi siswa merupakan pembelajaran secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah yang memungkinkan siswa untuk memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif

Pembelajaran Sosial dan Emosional bagi siswa merupakan pembelajaran secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah yang memungkinkan siswa untuk memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional agar memiliki kompetensi berikut ini, kecuali….

Jawaban yang tepat adalah (E), yaitu Merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain.

Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) adalah pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sosial dan emosional siswa. Kompetensi sosial dan emosional ini terdiri dari lima dimensi, yaitu:
  • Kesadaran diri, yaitu kemampuan untuk memahami dan mengenali emosi diri sendiri, kekuatan, dan kelemahan diri sendiri.
  • Manajemen diri, yaitu kemampuan untuk mengendalikan emosi, pikiran, dan perilaku diri sendiri.
  • Kesadaran sosial, yaitu kemampuan untuk memahami dan mengenali emosi orang lain, serta hubungan antar-pribadi.
  • Keterampilan berelasi, yaitu kemampuan untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang positif dengan orang lain.
  • Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab, yaitu kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat dan bertanggung jawab, dengan mempertimbangkan konsekuensinya.

Dari kelima dimensi tersebut, hanya empat dimensi yang dapat dicapai melalui pembelajaran sosial dan emosional. Dimensi empati, yaitu kemampuan untuk merasakan dan memahami perasaan orang lain, tidak dapat dicapai melalui pembelajaran sosial dan emosional.

Empati adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang sejak lahir. Namun, kemampuan ini perlu diasah dan dikembangkan. Pengembangan empati dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti melalui pengalaman hidup, interaksi sosial, dan pendidikan.

Pembelajaran sosial dan emosional dapat membantu siswa untuk mengembangkan empat dimensi kompetensi sosial dan emosional, yaitu:
  • Kesadaran diri, yaitu dengan mengajarkan siswa untuk mengenali emosi diri sendiri, kekuatan, dan kelemahan diri sendiri.
  • Manajemen diri, yaitu dengan mengajarkan siswa untuk mengendalikan emosi, pikiran, dan perilaku diri sendiri.
  • Kesadaran sosial, yaitu dengan mengajarkan siswa untuk memahami dan mengenali emosi orang lain, serta hubungan antar-pribadi.
  • Keterampilan berelasi, yaitu dengan mengajarkan siswa untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang positif dengan orang lain.

Dengan mengembangkan keempat dimensi kompetensi sosial dan emosional ini, siswa akan lebih siap untuk menghadapi tantangan dan kesulitan dalam kehidupannya. Siswa juga akan lebih mampu untuk berkontribusi secara positif kepada masyarakat.

Komentar