JAWABAN: Pak Wahyu adalah seorang guru di SMP Harapan. Dia bercita-cita untuk mengikuti pendidikan pasca sarjana agar mendapat gelar M.Pd.

Pak Wahyu adalah seorang guru di SMP Harapan. Dia bercita-cita untuk mengikuti pendidikan pasca sarjana agar mendapat gelar M.Pd.

Pada kesempatan yang sama, dia bingung untuk memilih antara Universitas Negeri atau Universitas Swasta kelas ekstension sebagai tempat kuliah. Pak Diman teman akrabnya menceritakan keunggulan dan keuntungan melakukan program ekstensi di Universitas Swasta tersebut.

Spesialisasi manajemennya sangat kuat karena banyak pakar manajemen dari luar negeri dan jaringan dengan peserta lain sangat beragam. Biayanya memang jauh lebih mahal tetapi Pak Diman mengatakan bahwa jangan biarkan uang menjadi kriteria terbesar memilih program M.Pd. reputasi, profesor, peserta, jaringan dan standar akademis jauh lebih penting.

Dalam hal ini proses percakapan yang dilakukan oleh Pak Wahyu dan Pak Diman adalah….
A. Coaching
B. Mentoring
C. Supervisor
D. Konseling
E. Konsultasi

Jawaban yang tepat adalah (B) Mentoring.

Penjelasan:
  • Coaching adalah proses pendampingan yang dilakukan oleh seorang coach untuk membantu kliennya mencapai tujuan tertentu. Dalam coaching, coach akan membantu klien untuk mengeksplorasi potensinya, menetapkan tujuan, dan mengembangkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Coaching biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang singkat, berkisar antara 6 bulan hingga 1 tahun.
  • Mentoring adalah proses pendampingan yang dilakukan oleh seorang mentor kepada seorang mentee. Dalam mentoring, mentor akan berbagi pengalaman dan pengetahuannya kepada mentee untuk membantu mentee dalam mengembangkan karier, keterampilan, atau pengetahuannya. Mentoring biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama, berkisar antara 1 tahun hingga 5 tahun.
  • Supervisor adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengarahkan pekerjaan orang lain. Supervisor biasanya memiliki posisi yang lebih tinggi daripada orang yang diawasi.
  • Konseling adalah proses pemberian bantuan kepada seseorang untuk mengatasi masalah pribadi atau emosional. Konseling biasanya dilakukan oleh seorang konselor yang memiliki keahlian dalam bidang psikologi.
  • Konsultasi adalah proses pemberian saran atau masukan dari seseorang yang memiliki keahlian atau pengalaman tertentu kepada seseorang yang membutuhkannya. Konsultasi biasanya dilakukan oleh seorang konsultan yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu.

Pada kasus Pak Wahyu dan Pak Diman, Pak Diman memberikan saran dan masukan kepada Pak Wahyu tentang program pendidikan pasca sarjana yang sebaiknya dipilih. Pak Diman memiliki pengalaman pribadi dalam mengikuti program pendidikan pasca sarjana di Universitas Swasta tersebut. Oleh karena itu, proses percakapan yang dilakukan oleh Pak Wahyu dan Pak Diman termasuk dalam kategori mentoring.

Dalam mentoring, mentor akan memberikan masukan dan saran kepada mentee berdasarkan pengalaman dan pengetahuannya. Mentor juga akan membantu mentee untuk mengeksplorasi pilihan-pilihan yang tersedia dan membuat keputusan yang tepat.

Komentar