JAWABAN: Pak Rino adalah guru pembina OSIS. Pada suatu hari ada kejadian yaitu bendahara OSIS (Tantri) tidak sengaja menghilangkan uang kas OSIS sebesar Rp100.000,00.

Pak Rino adalah guru pembina OSIS. Pada suatu hari ada kejadian yaitu bendahara OSIS (Tantri) tidak sengaja menghilangkan uang kas OSIS sebesar Rp100.000,00.

Pak Rino kemudian mengajak bicara baik-baik Tantri tentang hal ini. Ia mengingatkan Tantri bahwa sebagai bendahara, ia bertanggung jawab untuk menjaga uang kas OSIS sebaik-baiknya.

Ia juga menanyakan Tantri, cara apa yang sebaiknya dilakukan oleh Tantri untuk mengganti uang tersebut. Setelah berdiskusi, akhirnya Tantri mengusulkan untuk mengganti uang yang hilang tersebut dari uang jajannya dengan mencicil selama 1 bulan.

Pak Rino menyetujui usulan tersebut, dan mengingatkan Tantri bahwa usulan tersebut berarti akan membuatnya mengurangi jatah jajannya setiap hari. Akhirnya Tantri berhasil mengganti uang tersebut. Tindakan Pak Rino adalah contoh penerapan pembelajaran sosial emosional yang tepat, karena…
A. Membimbing murid untuk mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab
B. Bersedia mendampingi serta membimbing murid menghadapi pihak yang merasa dirugikan
C. Berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan integritas, dan memberi contoh dalam pengambilan keputusan yang bertanggung jawab
D. Proaktif mengajak murid bertanggung jawab atas kesalahannya sendiri
E. Bersedia membicarakan permasalahan yang terjadi dengan kepala dingin dan diskusi terbuka untuk memperoleh kesepakatan bersama.

Jawaban yang tepat adalah (C). Pak Rino melakukan tindakan yang tepat karena ia berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan integritas, dan memberi contoh dalam pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Pada kasus ini, Pak Rino tidak langsung menyalahkan Tantri atas kesalahannya. Ia justru mengajak Tantri untuk berbicara baik-baik dan mengingatkan Tantri akan tanggung jawabnya sebagai bendahara OSIS. Pak Rino juga memberikan Tantri kesempatan untuk memikirkan cara untuk mengganti uang yang hilang. Setelah berdiskusi, Tantri akhirnya mengusulkan untuk mengganti uang tersebut dari uang jajannya. Pak Rino menyetujui usulan tersebut, dan mengingatkan Tantri bahwa usulan tersebut berarti akan membuatnya mengurangi jatah jajannya setiap hari.

Tindakan Pak Rino tersebut dapat dikategorikan sebagai penerapan pembelajaran sosial emosional yang tepat karena:
  • Membimbing murid untuk mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Pak Rino memberikan kesempatan kepada Tantri untuk memikirkan cara untuk mengganti uang yang hilang. Keputusan Tantri untuk mengganti uang tersebut dari uang jajannya merupakan contoh pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.
  • Memberi contoh dalam pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Pak Rino menyetujui usulan Tantri untuk mengganti uang tersebut dari uang jajannya. Keputusan Pak Rino ini menunjukkan bahwa ia juga menerapkan sikap bertanggung jawab dalam kehidupannya.

Tindakan Pak Rino juga dapat menjadi contoh bagi murid-murid lainnya untuk belajar mengambil keputusan yang bertanggung jawab. Selain itu, tindakan Pak Rino juga menunjukkan bahwa guru harus mampu mendampingi murid untuk menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan integritas.

Komentar