Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban: Pak Nana adalah guru baru yang mengampu pelajaran Bahasa Indonesia

Pak Nana adalah guru baru yang mengampu pelajaran Bahasa Indonesia. Ketika sedang berjalan menuju ke kelas untuk mengajar, ia tidak sengaja mendengar percakapan beberapa orang murid yang sedang membicarakan dirinya.

Ia menangkap bahwa murid-murid tersebut beranggapan dirinya tidak objektif dalam menilai karena cenderung pilih kasih dan banyak memberikan tugas yang tidak diperiksa, sehingga waktu mereka habis hanya untuk mengerjakan tugas tersebut.

Jika Anda adalah Pak Nana, tindakan apa yang dapat dilakukan oleh Anda dan alasannya?

A. Menenangkan diri untuk mengenali dan menerima perasaan yang muncul karena perlu adanya introspeksi diri akan kesalahan-kesalahan.
B. Berpikir positif dengan mencoba menerima informasi tersebut sebagai masukan guna meningkatkan kemampuannya dalam mengajar sesuai dengan kebutuhan murid dan memberikan teladan bagi murid.
C. Mencoba melihat siapa saja yang terlibat dalam diskusi tersebut, dan berencana untuk memanggil mereka ke ruang guru setelah selesai mengajar. Dengan begitu murid-murid akan lebih mengenal Anda sebagai guru yang objektif.
D. Mencoba melihat sudut pandang lain, kemudian menghampiri murid-murid dan berusaha menghentikan obrolan tentang diri anda dalam rangka mendekatkan diri dengan murid-murid.
E. Membahas secara terbuka dan berkala perihal ketidaksukaan murid-murid di kelas. Hal tersebut dilakukan agar memperoleh transparansi komunikasi dalam kelas.

Jawaban:

Jika saya adalah Pak Nana, tindakan yang akan saya lakukan adalah (E) Membahas secara terbuka dan berkala perihal ketidaksukaan murid-murid di kelas. Alasan saya adalah sebagai berikut:
  • Transparansi komunikasi adalah hal yang penting dalam hubungan antara guru dan murid. Dengan adanya transparansi, maka kedua belah pihak dapat saling memahami dan menghormati.
  • Membahas ketidaksukaan murid secara terbuka akan memberikan kesempatan kepada Pak Nana untuk mengetahui secara langsung apa yang menjadi alasan murid-murid beranggapan bahwa ia tidak objektif. Hal ini akan membantu Pak Nana untuk introspeksi diri dan memperbaiki kesalahannya.
  • Melakukan pembahasan secara berkala akan membuat murid-murid merasa bahwa Pak Nana terbuka untuk menerima masukan dan kritik dari mereka. Hal ini akan membuat hubungan antara Pak Nana dan murid menjadi lebih harmonis.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh Pak Nana dalam membahas ketidaksukaan murid-murid di kelas:
  • Memilih waktu dan tempat yang tepat. Pak Nana dapat melakukannya di awal atau akhir pelajaran, atau di luar jam pelajaran.
  • Menjelaskan maksud dan tujuan pembahasan. Pak Nana perlu menjelaskan bahwa ia ingin membahas ketidaksukaan murid-murid secara terbuka dan konstruktif.
  • Mendengarkan pendapat murid-murid dengan penuh perhatian. Pak Nana perlu menghindari untuk memotong pembicaraan murid-murid atau membela diri.
  • Memberikan tanggapan yang positif. Pak Nana perlu menyampaikan bahwa ia akan mempertimbangkan masukan dari murid-murid untuk memperbaiki diri.

Dengan melakukan tindakan ini, Pak Nana dapat menunjukkan kepada murid-murid bahwa ia adalah guru yang profesional dan terbuka untuk menerima masukan. Hal ini akan membantu Pak Nana untuk membangun hubungan yang baik dengan murid-murid dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Tindakan-tindakan lain yang dapat dilakukan oleh Pak Nana adalah sebagai berikut:
  • (A) Menenangkan diri untuk mengenali dan menerima perasaan yang muncul. Tindakan ini penting untuk dilakukan agar Pak Nana dapat berpikir jernih dan mengambil keputusan yang tepat.
  • (B) Berpikir positif dengan mencoba menerima informasi tersebut sebagai masukan. Tindakan ini juga penting untuk dilakukan agar Pak Nana dapat memperbaiki diri.
  • (C) Mencoba melihat siapa saja yang terlibat dalam diskusi tersebut, dan berencana untuk memanggil mereka ke ruang guru setelah selesai mengajar. Tindakan ini dapat dilakukan jika Pak Nana ingin membahas ketidaksukaan murid secara lebih pribadi.
  • (D) Mencoba melihat sudut pandang lain, kemudian menghampiri murid-murid dan berusaha menghentikan obrolan tentang diri anda dalam rangka mendekatkan diri dengan murid-murid. Tindakan ini dapat dilakukan jika Pak Nana ingin lebih dekat dengan murid-murid dan membangun hubungan yang lebih baik.

Tindakan mana yang akan dilakukan oleh Pak Nana tergantung pada situasi dan kondisi yang ada. Namun, tindakan yang paling tepat adalah (E) Membahas secara terbuka dan berkala perihal ketidaksukaan murid-murid di kelas.