JAWABAN: Pada saat Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VIII di SMP Negeri Ceria, Bu Astuti Sedang Memimpin Praktik Pembedahan Organ Pencernaan Hewan

Soal: Pada saat pembelajaran pada mata pelajaran IPA di kelas VIII di SMP Negeri Ceria, Bu Astuti sedang memimpin praktik pembedahan organ pencernaan hewan. Beliau aktif berkeliling ke setiap kelompok siswa yang sibuk bekerja dan belajar membedah tubuh hewan. Di satu kelompok yang sedang mempraktikkan pembedahan katak, ada siswa yang bernama Susi terlihat tidak aktif dan menjauh dari meja praktik. Dia tidak mau aktif dikarenakan merasa jijik dan geli. Bu Astuti mencoba mendekati Susi lalu menenangkannya. Bu Astuti meminta Susi untuk menarik nafas yang panjang dan berpikir positif tentang dirinya. Lalu Susi diminta untuk mencoba membantu tim semampunya. Dalam kaitan dengan Pembelajaran Sosial Emosional, bu Astuti telah membantu menumbuhkembangkan kompetensi … pada Susi.
A. Keterampilan berelasi
B. Kesadaran diri
C. Manajemen diri
D. Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab
E. Kesadaran sosial

Jawaban yang tepat adalah (C) Manajemen diri.

Manajemen diri adalah kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan untuk mengelola emosi, pikiran, dan perilaku diri sendiri. Dalam kasus ini, Bu Astuti membantu Susi untuk mengelola emosi jijik dan geli yang dirasakannya. Bu Astuti meminta Susi untuk menarik nafas yang panjang dan berpikir positif tentang dirinya. Hal ini bertujuan untuk membantu Susi untuk mengendalikan emosinya dan tetap fokus pada tugas yang sedang dikerjakan.

Keterampilan berelasi berkaitan dengan kemampuan untuk menjalin hubungan positif dengan orang lain. Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab berkaitan dengan kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat dan sesuai dengan nilai-nilai moral. Kesadaran diri berkaitan dengan kemampuan untuk memahami diri sendiri, termasuk emosi, pikiran, dan nilai-nilai diri sendiri. Kesadaran sosial berkaitan dengan kemampuan untuk memahami orang lain dan lingkungan sosial.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah manajemen diri.

Komentar