JAWABAN! Menurut Ki Hajar Dewantara, apa yang dimaksud dengan budi pekerti?

Berikut adalah soal nomor 2 dan kunci jawban post test modul 4 Merdeka Belajar pembelajaran SMP:

Menurut Ki Hajar Dewantara, apa yang dimaksud dengan budi pekerti?
A. Bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil dari bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan suatu tenaga.
B. Nilai-nilai karakter yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk

Jawaban:

Menurut Ki Hajar Dewantara, budi pekerti adalah bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil dari bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan suatu tenaga.

Penjelasan:

Ki Hajar Dewantara memandang budi pekerti sebagai suatu hal yang integral dalam diri manusia. Budi pekerti tidak hanya mencakup aspek pengetahuan atau pemahaman tentang nilai-nilai moral, tetapi juga aspek perasaan atau emosi, dan aspek kehendak atau kemauan.

Pikiran berperan dalam memahami nilai-nilai moral yang baik dan buruk. Perasaan berperan dalam memunculkan rasa simpati, empati, dan kasih sayang terhadap sesama manusia. Kehendak berperan dalam mendorong manusia untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan nilai-nilai moral.

Dengan demikian, budi pekerti yang baik akan menghasilkan tenaga yang positif dalam diri manusia. Tenaga positif ini akan mendorong manusia untuk melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi diri sendiri, sesama, dan masyarakat.

Perbedaan dengan pilihan jawaban B:

Pilihan jawaban B juga memberikan definisi budi pekerti sebagai nilai-nilai karakter. Namun, pilihan jawaban B tidak menjelaskan secara rinci tentang komponen-komponen budi pekerti.

Menurut Ki Hajar Dewantara, budi pekerti terdiri dari tiga komponen, yaitu:
Pengetahuan, yaitu pemahaman tentang nilai-nilai moral yang baik dan buruk.
Kesadaran atau kemauan, yaitu keinginan untuk melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat.
Tindakan, yaitu pelaksanaan dari keinginan untuk melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat.

Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah A.

Komentar