Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JAWABAN: Ibu Dona Merupakan Guru Baru di SD yang belum Memiliki Pengalaman Mengajar Sebelumnya

Soal: Ibu Dona merupakan guru baru di SD yang belum memiliki pengalaman mengajar sebelumnya. Ia ditempatkan sebagai guru piket yang siap ditempatkan di kelas mana pun jika guru kelas butuh bantuan. Salah satu guru kelas 1 SD yaitu Ibu Tuti, seringkali meminta bantuan Ibu Dona untuk menggantikan beliau untuk mengajar kelas, sedangkan Ibu Tuti yang merupakan guru senior terkadang hanya duduk di ruang guru atau tidak masuk tanpa memberikan kabar sebelumnya. Ibu Dona seringkali kewalahan karena siswa di kelas cukup aktif. Ibu Dona merasa tidak nyaman, namun tidak berani berbicara kepada ibu Tuti dan tetap menjalankan tugasnya.

Sikap yang sebaiknya Ibu Dona ambil dalam menghadapi situasi tersebut adalah….
A. Membagikan pengalaman tersebut dengan guru lainnya dan meminta saran serta masukan
B. Mengutarakan perasaan kepada Ibu Tuti dan tawarkan diskusi untuk memperoleh kesepakatan bersama
C. Menyampaikan kepada kepala sekolah untuk meminta perlindungan
D. Mengutarakan perasaannya kepada orang terdekatnya saja agar suasana hati lebih baik
E. Menjauhi Ibu Tuti agar dapat terhindar dari konflik dan mengelola hubungan baik dengan rekan sejawat

Jawaban yang tepat adalah (B), yaitu mengutarakan perasaan kepada Ibu Tuti dan tawarkan diskusi untuk memperoleh kesepakatan bersama.

Penjelasannya adalah sebagai berikut:
  • Membagikan pengalaman tersebut dengan guru lainnya tidak akan menyelesaikan masalah. Ibu Dona tetap akan merasa tidak nyaman dan kewalahan.
  • Menyampaikan kepada kepala sekolah untuk meminta perlindungan tidak tepat karena Ibu Tuti belum melakukan tindakan yang melanggar peraturan sekolah.
  • Mengutarakan perasaannya kepada orang terdekatnya saja akan membuat Ibu Dona merasa lega, tetapi tidak akan menyelesaikan masalah.
  • Menjauhi Ibu Tuti akan membuat hubungan Ibu Dona dengan Ibu Tuti menjadi buruk.

Oleh karena itu, sikap yang paling tepat yang dapat diambil oleh Ibu Dona adalah mengutarakan perasaan kepada Ibu Tuti dan tawarkan diskusi untuk memperoleh kesepakatan bersama. Dengan cara ini, Ibu Dona dapat mengungkapkan perasaannya kepada Ibu Tuti dengan cara yang profesional dan sopan. Ibu Dona juga dapat menawarkan diskusi untuk mencari solusi yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Berikut adalah contoh cara Ibu Dona dapat mengutarakan perasaannya kepada Ibu Tuti:

"Ibu Tuti, saya ingin bicara dengan Ibu. Saya merasa tidak nyaman karena sering diminta untuk menggantikan Ibu mengajar kelas. Saya masih guru baru dan belum memiliki pengalaman mengajar sebelumnya. Saya merasa kewalahan karena siswa di kelas cukup aktif. Saya ingin kita diskusikan bagaimana cara kita bisa bekerja sama agar semua pihak merasa nyaman."

Dengan cara ini, Ibu Dona dapat menyampaikan perasaannya dengan jujur dan langsung kepada Ibu Tuti. Ibu Tuti juga dapat memahami perasaan Ibu Dona dan mencari solusi bersama.