Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JAWABAN! Guru yang Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelasnya akan melakukan hal-hal berikut ini:

Soal: Guru yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelasnya akan melakukan hal-hal berikut ini:
A. Lebih banyak memberikan instruksi baik kelompok besar maupun kelompok kecil
B. Lebih sedikit memberikan instruksi dalam kelompok kecil
C. Lebih banyak memberikan instruksi dalam kelompok kecil
D. Lebih banyak memberikan instruksi dalam kelas (Kelompok besar)
E. Lebih sedikit memberikan instruksi dalam kelompok besar dan kelompok kecil

Jawaban yang tepat adalah (C) Lebih banyak memberikan instruksi dalam kelompok kecil.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda-beda. Guru yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi akan memberikan instruksi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.

Pada kelompok kecil, guru dapat memberikan instruksi yang lebih spesifik dan terfokus pada kebutuhan siswa. Guru juga dapat memberikan lebih banyak umpan balik dan dukungan kepada siswa dalam kelompok kecil.

Sedangkan pada kelompok besar, guru dapat memberikan instruksi yang lebih umum dan mencakup seluruh siswa. Namun, guru juga harus tetap memperhatikan kebutuhan siswa yang berbeda-beda.

Berikut adalah beberapa contoh instruksi yang dapat diberikan oleh guru dalam kelompok kecil:
  • Guru dapat membagi siswa menjadi beberapa kelompok berdasarkan kemampuan mereka. Siswa yang memiliki kemampuan tinggi dapat diberikan tugas yang lebih menantang, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan rendah dapat diberikan tugas yang lebih mudah.
  • Guru dapat memberikan tugas yang berbeda kepada setiap kelompok. Tugas tersebut dapat disesuaikan dengan minat dan bakat siswa.
  • Guru dapat memberikan tugas yang berbeda berdasarkan kecepatan belajar siswa. Siswa yang belajar lebih cepat dapat diberikan tugas yang lebih banyak, sedangkan siswa yang belajar lebih lambat dapat diberikan tugas yang lebih sedikit.

Dengan memberikan instruksi yang lebih banyak dalam kelompok kecil, guru dapat lebih efektif dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa yang berbeda-beda.