JAWABAN: Dimasa Pandemi Seorang Murid SMP Mengeluh dan Mengalami Kebosanan dalam Belajar Secara Daring, Tugas Menumpuk, Pas Tidak Belajar, Tugas Dikerjakan Secara Asal-Asalan dan Selalu Dikumpulkan Melewati Batas Waktu yang Sudah Ditentukan

Soal: Dimasa pandemi seorang murid SMP mengeluh dan mengalami kebosanan dalam belajar secara daring, tugas menumpuk, PAS tidak belajar, tugas dikerjakan secara asal-asalan dan selalu dikumpulkan melewati batas waktu yang sudah ditentukan. berikut ini potongan percakapan yang dilakukan oleh anak tersebut dengan orang tuanya....

Ortu: menurut kamu, seberapa penting mengerjakan tugas pelajaran yang diberikan guru di sekolah?

Anak: sebenarnya sih, mengamankan nilai, dan tugas memacu kita untuk belajar.

Ortu: apa pentingnya kamu mengerjakan tugas dengan baik?

Anak: hidup saya tenang dan saya bisa melaksanakan hobby saya main games.

Ortu: apa pentingnya ketenangan dalam hidup kamu ketika kamu mengerjakan tugas dengan baik?

Anak: saya bisa mengerjakan hal-hal lain seperti main games atau bersantai main musik.

Ortu: Apa hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa mnegerjakan dengan baik?

Anak: saya langsung lihat tugasnya kemudian mengerjakan tugasnya tanpa menunda-nunda dalam pengerjaannya

Potongan percakapan di atas yang dilakukan oleh orang tua dengan anaknya merupakan proses….
A. Konseling
B. Coaching
C. Mentoring
D. Konsultasi
E. Supervisor

Jawaban yang tepat adalah (C) Mentoring.

Potongan percakapan di atas menunjukkan bahwa orang tua berperan sebagai mentor bagi anaknya. Mentoring adalah proses pembelajaran yang terstruktur dan berkelanjutan antara seorang mentor (yang lebih berpengalaman) dan seorang mentee (yang lebih muda atau kurang berpengalaman). Mentoring bertujuan untuk membantu mentee mencapai tujuannya melalui berbagi pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman.

Dalam percakapan di atas, orang tua berperan sebagai mentor dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang membantu anak untuk memahami pentingnya mengerjakan tugas dengan baik. Pertanyaan-pertanyaan tersebut mendorong anak untuk berpikir kritis dan menemukan jawabannya sendiri. Selain itu, orang tua juga memberikan arahan dan dukungan kepada anak untuk mengatasi masalahnya.

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing pilihan jawaban:
  • Konseling adalah proses pemberian bantuan kepada individu untuk memahami dan mengatasi masalah psikologisnya. Dalam konseling, konselor berperan sebagai pendengar yang aktif dan memberikan dukungan emosional kepada klien.
  • Coaching adalah proses pembelajaran yang berfokus pada pengembangan keterampilan dan kinerja. Dalam coaching, coach berperan sebagai pemandu yang membantu klien untuk mencapai tujuannya.
  • Konsultasi adalah proses pemberian saran atau pendapat oleh seorang ahli kepada orang lain yang membutuhkan. Dalam konsultasi, konsultan berperan sebagai pemberi informasi dan solusi.
  • Supervisor adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengarahkan pelaksanaan suatu pekerjaan. Dalam supervisi, supervisor berperan sebagai pemberi arahan dan evaluasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah (C) Mentoring karena orang tua berperan sebagai mentor bagi anaknya dalam percakapan di atas.

Komentar