JAWABAN: Dalam Proses Coaching Percakapan Perlu Diakhiri dengan Suatu Rencana Tindak Lanjut yang Diputuskan oleh Coachee

Dalam proses coaching percakapan perlu diakhiri dengan suatu rencana tindak lanjut yang diputuskan oleh coachee, yang paling mungkin dilakukan dan paling besar kemungkinan berhasilnya.

Dalam upaya memberdayakan interaksi tersebut, coach menggunakan prinsip coaching….
A. Memaksimalkan Potensi
B. Proses kreatif
C. Mengembangkan Potensi
D. Interaksi Positif
E. Kemitraan

Jawaban yang tepat adalah (E) Kemitraan.

Penjelasan:

Prinsip Kemitraan adalah prinsip yang menekankan bahwa coach dan coachee adalah mitra yang bekerja sama untuk mencapai tujuan. Coach tidak bertindak sebagai ahli yang memberikan solusi kepada coachee, melainkan sebagai fasilitator yang membantu coachee untuk menemukan solusinya sendiri.

Dalam upaya memberdayakan interaksi tersebut, coach menggunakan prinsip kemitraan dengan cara:
  • Mendengarkan aktif. Coach mendengarkan dengan penuh perhatian apa yang dikatakan oleh coachee, baik secara verbal maupun nonverbal.
  • Mengembangkan pemahaman. Coach berusaha untuk memahami situasi dan kebutuhan coachee.
  • Membantu coachee untuk menemukan solusinya sendiri. Coach mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang membantu coachee untuk mengeksplorasi ide-ide dan menemukan solusi yang sesuai dengan dirinya.

Dalam konteks pertanyaan di atas, rencana tindak lanjut yang diputuskan oleh coachee adalah hasil dari proses coaching yang berlandaskan pada prinsip kemitraan. Coach tidak memaksakan solusi kepada coachee, melainkan membantu coachee untuk menemukan solusinya sendiri yang paling mungkin dilakukan dan paling besar kemungkinan berhasilnya.

Prinsip-prinsip coaching lainnya, seperti Memaksimalkan Potensi, Proses Kreatif, Mengembangkan Potensi, dan Interaksi Positif, juga penting dalam proses coaching. Namun, prinsip kemitraan adalah prinsip yang paling relevan dengan upaya memberdayakan interaksi dalam proses coaching.

Komentar