Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban: Dalam Konsep Andragogi oleh Paulo Freire Terdapat Beberapa Prinsip Utama yang Dia Tekankan

Soal: Dalam konsep andragogi oleh Paulo Freire terdapat beberapa prinsip utama yang dia tekankan. Manakah dari poin di bawah ini yang tidak termasuk dalam prinsip utama andragogi oleh Freire.

1) Pentingnya dialog dalam pendidikan
2) Pentingnya praksis sebagai satu kesatuan aksi dan refleksi dalam praktik pendidikan
3) Pentingnya mendorong motivasi belajar orang dewasa secara internal
4) Pentingnya pendidikan hadap masalah yang berlawanan dengan konsep pendidikan ‘bank’
5) Pentingnya usaha pemerdekaan kolektif atau gotong-royong untuk membangun kesadaran kritis

a. 1
b. 3
c. 5
d. 2
e. 4

Jawaban: c. 5.

Paulo Freire adalah seorang pendidik dan filsuf Brasil yang terkenal dengan konsep pedagogi kritis dan andragogi. Andragogi adalah teori pembelajaran orang dewasa yang menekankan pentingnya pengalaman dan pengetahuan orang dewasa dalam proses belajar. Freire menekankan beberapa prinsip utama dalam andragogi, yaitu:
  1. Pentingnya dialog dalam pendidikan: Freire percaya bahwa dialog adalah kunci untuk belajar yang bermakna. Dialog adalah pertukaran pikiran dan ide yang terbuka dan saling menghormati. Melalui dialog, orang dewasa dapat belajar dari satu sama lain dan membangun pengetahuan bersama.
  2. Pentingnya praksis sebagai satu kesatuan aksi dan refleksi dalam praktik pendidikan: Freire percaya bahwa belajar adalah proses yang aktif dan reflektif. Orang dewasa harus terlibat dalam tindakan dan refleksi untuk belajar secara bermakna. Tindakan melibatkan penerapan pengetahuan dalam praktik, sedangkan refleksi melibatkan berpikir tentang pengalaman dan pembelajaran seseorang.
  3. Pentingnya mendorong motivasi belajar orang dewasa secara internal: Freire percaya bahwa motivasi belajar orang dewasa harus berasal dari dalam diri mereka sendiri. Orang dewasa harus belajar karena mereka ingin belajar, bukan karena mereka dipaksa. Motivasi internal dapat muncul dari minat seseorang pada suatu topik, keinginan untuk meningkatkan keterampilan mereka, atau keinginan untuk mencapai tujuan pribadi atau profesional.
  4. Pentingnya pendidikan hadap masalah yang berlawanan dengan konsep pendidikan ‘bank’: Freire mengkritik model pendidikan tradisional yang disebutnya sebagai "pendidikan bank". Dalam pendidikan bank, guru seperti seorang bankir yang menyetor pengetahuan ke dalam pikiran siswa yang pasif. Freire percaya bahwa pendidikan haruslah transformatif, bukan transaksional. Pendidikan harus membantu orang dewasa untuk memahami dunia di sekitar mereka dan mengambil tindakan untuk mengubahnya.
  5. Pentingnya usaha pemerdekaan kolektif atau gotong-royong untuk membangun kesadaran kritis: Freire percaya bahwa orang dewasa harus belajar untuk berpikir secara kritis dan untuk mempertanyakan status quo. Kesadaran kritis adalah kemampuan untuk melihat dunia melalui lensa kritis dan untuk memahami bagaimana kekuatan sosial dan ekonomi mempengaruhi kehidupan orang. Kesadaran kritis dapat membantu orang dewasa untuk mengambil tindakan untuk mengubah dunia menjadi lebih baik.

Prinsip-prinsip andragogi Freire ini masih relevan dengan pendidikan orang dewasa saat ini. Prinsip-prinsip ini dapat membantu pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memberdayakan orang dewasa untuk belajar dan berkembang.

Jadi, poin c. 5 "Pentingnya usaha pemerdekaan kolektif atau gotong-royong untuk membangun kesadaran kritis" tidak termasuk dalam prinsip utama andragogi oleh Freire. Hal ini karena Freire menekankan pentingnya pembelajaran individual, sedangkan poin ini menekankan pentingnya pembelajaran kolektif.