Jawaban: Berikut Ini Merupakan Beberapa Ciri Fasilitator yang Baik, Kecuali

Berikut ini merupakan beberapa ciri fasilitator yang baik, kecuali……
A. Menjadikan peserta sahabat
B. Selalu mampu menjawab pertanyaan
C. Mampu mengelola konflik
D. Memiliki keterbukaan
E. Sensitifitas/ empati yang tinggi

Jawaban: (A) Menjadikan peserta sahabat.

Fasilitator adalah orang yang membantu kelompok untuk mencapai tujuannya. Fasilitator bukan teman peserta, tetapi lebih kepada seorang pemimpin yang mengarahkan dan memandu peserta untuk mencapai tujuan tersebut.

Fasilitator yang baik harus memiliki sikap netral dan objektif. Ia harus mampu menjaga jarak dengan peserta agar tidak menimbulkan bias dalam proses fasilitasi. Menjadi sahabat peserta dapat menimbulkan bias tersebut, karena fasilitator akan cenderung memihak peserta tertentu atau kelompok tertentu.

Ciri-ciri fasilitator yang baik lainnya adalah:
  • Selalu mampu menjawab pertanyaan. Fasilitator harus memiliki pengetahuan yang luas tentang topik yang dibahas. Ia juga harus mampu menjawab pertanyaan peserta dengan jelas dan ringkas.
  • Mampu mengelola konflik. Konflik dalam kelompok adalah hal yang wajar. Fasilitator yang baik harus mampu mengelola konflik tersebut dengan baik agar tidak mengganggu proses fasilitasi.
  • Memiliki keterbukaan. Fasilitator harus terbuka terhadap ide-ide baru dari peserta. Ia juga harus bersedia menerima kritik dan saran dari peserta.
  • Sensitifitas/ empati yang tinggi. Fasilitator harus mampu memahami dan merasakan apa yang dirasakan oleh peserta. Ia juga harus mampu menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif bagi peserta.

Komentar