Galilah Pengalaman dari Keluarga Kalian Masing-Masing, Seberapa Jauh Tuhan yang Dikenal Keluarga adalah Tuhan yang Setia, Adil, dan Kasih

Galilah pengalaman dari keluarga kalian masing-masing, seberapa jauh Tuhan yang dikenal keluarga adalah Tuhan yang setia, adil, dan kasih. Catat pengalaman ini sebagai bentuk kesaksian bagi kehadiran Tuhan di dalam keluarga kalian. Menjelang akhir tahun ajaran, pengalaman ini dan pengalaman-pengalaman lainnya yang masih terus dikumpulkan pada pertemuan-pertemuan berikutnya dapat dibukukan sehingga menjadi berkat bagi keluarga besar kalian, bahkan bagi orang lain apabila kalian mau membagikannya.

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 2 Aktivitas di Luar Kelas, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 8 Prinsip Setia, Adil, dan Kasih, halaman 139.

Jawaban:

Pengalaman Keluarga Saya tentang Tuhan yang Setia, Adil, dan Kasih

Keluarga saya adalah keluarga Kristen yang sederhana. Kami tinggal di sebuah desa kecil di Sumatera Utara. Ayah saya adalah seorang petani, sedangkan ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga. Kami memiliki dua orang anak, saya dan adik perempuan saya.

Sejak kecil, saya sudah diajarkan oleh orang tua saya untuk mengenal Tuhan. Kami selalu berdoa bersama sebelum makan, tidur, dan memulai aktivitas lainnya. Kami juga sering pergi ke gereja untuk beribadah.

Dari pengalaman-pengalaman yang saya alami bersama keluarga saya, saya dapat melihat bahwa Tuhan adalah Tuhan yang setia, adil, dan kasih.

Tuhan adalah Tuhan yang setia

Tuhan selalu setia kepada keluarga kami. Dia selalu menyertai kami dalam suka dan duka. Ketika kami mengalami kesulitan, Tuhan selalu memberikan pertolongan-Nya.

Salah satu pengalaman yang saya ingat adalah ketika ayah saya mengalami kecelakaan kerja. Ayah saya terjatuh dari pohon dan mengalami patah tulang. Kami sangat khawatir dengan kondisi ayah saya. Namun, Tuhan menunjukkan kasih setia-Nya kepada kami. Ayah saya dapat sembuh dengan cepat dan dapat kembali bekerja seperti biasa.

Tuhan adalah Tuhan yang adil

Tuhan selalu adil dalam memperlakukan semua orang, termasuk keluarga kami. Dia tidak pernah membeda-bedakan orang berdasarkan status sosial, suku, atau agama.

Salah satu pengalaman yang saya ingat adalah ketika kami mengalami kesulitan ekonomi. Kami tidak memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, Tuhan menunjukkan keadilan-Nya kepada kami. Dia memberikan kami rezeki yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kami.

Tuhan adalah Tuhan yang kasih

Tuhan selalu mengasihi keluarga kami. Dia selalu memberikan kasih-Nya kepada kami tanpa syarat.

Salah satu pengalaman yang saya ingat adalah ketika saya mengalami sakit keras. Saya harus dirawat di rumah sakit selama beberapa minggu. Selama saya sakit, orang tua saya selalu berada di samping saya dan memberikan kasih sayang mereka. Mereka juga selalu berdoa untuk kesembuhan saya.

Berdasarkan pengalaman-pengalaman yang saya alami bersama keluarga saya, saya dapat menyimpulkan bahwa Tuhan adalah Tuhan yang setia, adil, dan kasih. Dia selalu menyertai, menolong, dan mengasihi keluarga kami.

Saya bersyukur kepada Tuhan karena telah menunjukkan kasih setia, keadilan, dan kasih-Nya kepada keluarga kami. Saya percaya bahwa Tuhan akan selalu menyertai keluarga kami dalam suka dan duka.

Penjelasan

Tuhan yang setia berarti Tuhan selalu menepati janji-Nya. Dia selalu menyertai umat-Nya, baik dalam suka maupun duka.

Tuhan yang adil berarti Tuhan selalu berlaku adil kepada semua orang, tanpa memandang status sosial, suku, atau agama.

Tuhan yang kasih berarti Tuhan selalu mengasihi umat-Nya tanpa syarat.

Kehadiran Tuhan di dalam keluarga dapat dirasakan melalui berbagai cara, misalnya:
  • Keluarga selalu diberkati oleh Tuhan, baik secara materi maupun rohani.
  • Keluarga selalu mengalami kedamaian dan sukacita.
  • Keluarga selalu mendapatkan pertolongan dari Tuhan dalam menghadapi kesulitan.

Pengalaman-pengalaman tentang Tuhan yang setia, adil, dan kasih dapat menjadi kesaksian bagi keluarga dan orang lain. Kesaksian ini dapat menjadi berkat bagi orang lain yang sedang mengalami kesulitan.

Komentar