Di Dalam Kelompok, Tuliskan Kesepakatan yang Kalian Temukan Tentang Mengapa Sesuatu Itu Tidak Dapat Lagi Dipertahankan dan Karena Itu Perlu Diperbarui

Di dalam kelompok, tuliskan kesepakatan yang kalian temukan tentang mengapa sesuatu itu tidak dapat lagi dipertahankan dan karena itu perlu diperbarui. Tuliskan juga mengapa hal yang baru itu dapat bertahan. Laporkan hasil kesepakatan kalian dengan melengkapi kalimat berikut:
a. Suatu hal perlu diperbarui bila:
b. Hal yang baru itu dapat bertahan bila:

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 3 Aktivitas di Dalam Kelas, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 5 Allah Pembaru Kehidupan, halaman 89.

Jawaban:

Berikut adalah kesepakatan yang kami temukan tentang mengapa sesuatu itu tidak dapat lagi dipertahankan dan karena itu perlu diperbarui:

A. Suatu hal perlu diperbarui bila:
  • Sudah tidak sesuai dengan kebutuhan atau kondisi saat ini. Misalnya, sebuah mobil yang sudah berusia 10 tahun mungkin sudah tidak sesuai dengan kondisi jalan raya yang semakin macet dan polusi udara yang semakin tinggi. Oleh karena itu, mobil tersebut perlu diperbarui agar dapat tetap digunakan dengan aman dan nyaman.
  • Sudah tidak berfungsi dengan baik. Misalnya, sebuah mesin cuci yang sudah berusia 5 tahun mungkin sudah mulai rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, mesin cuci tersebut perlu diperbarui agar dapat berfungsi kembali dengan baik.
  • Sudah tidak relevan dengan perkembangan zaman. Misalnya, sebuah buku pelajaran yang diterbitkan 10 tahun lalu mungkin sudah tidak relevan dengan kurikulum yang baru. Oleh karena itu, buku pelajaran tersebut perlu diperbarui agar dapat tetap relevan dengan kurikulum yang baru.

Penjelasan:

Suatu hal perlu diperbarui bila hal tersebut sudah tidak sesuai dengan kebutuhan atau kondisi saat ini, sudah tidak berfungsi dengan baik, atau sudah tidak relevan dengan perkembangan zaman. Hal ini karena hal yang tidak sesuai dengan kebutuhan atau kondisi saat ini, tidak berfungsi dengan baik, atau tidak relevan dengan perkembangan zaman, akan menjadi tidak efektif dan tidak efisien untuk digunakan.

B. Hal yang baru itu dapat bertahan bila:
  • Memiliki nilai tambah yang lebih baik dari hal yang lama. Misalnya, sebuah mobil baru yang memiliki fitur-fitur yang lebih canggih dan hemat bahan bakar, akan lebih memiliki nilai tambah dibandingkan dengan mobil lama yang fiturnya sudah ketinggalan zaman dan boros bahan bakar.
  • Mampu menjawab kebutuhan atau kondisi saat ini. Misalnya, sebuah buku pelajaran yang disusun dengan mengikuti kurikulum yang baru, akan lebih mampu menjawab kebutuhan siswa di masa kini.
  • Sesuai dengan perkembangan zaman. Misalnya, sebuah aplikasi yang memiliki fitur yang inovatif dan mengikuti perkembangan teknologi, akan lebih sesuai dengan perkembangan zaman.

Penjelasan:

Hal yang baru itu dapat bertahan bila hal tersebut memiliki nilai tambah yang lebih baik dari hal yang lama, mampu menjawab kebutuhan atau kondisi saat ini, dan sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini karena hal yang memiliki nilai tambah yang lebih baik, mampu menjawab kebutuhan atau kondisi saat ini, dan sesuai dengan perkembangan zaman, akan lebih menarik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Komentar