Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daun Gedi, Daun yang Memiliki Nama Latim Abelmoschus Manihot L Hampir Mirip dengan Daun Pepaya

Daun gedi, daun yang memiliki nama latim abelmoschus manihot l hampir mirip dengan daun pepaya. Daun gedi merupakan satu di antara sayuran, yang banyak dimanfaatkan orang untuk membuat masakan dengan cara menumis yang dicampur dengan cabe dan bawang putih.

Daun gedi ini tidak hanya dimanfaatkan untuk membuat masakan saja, akan tetapi juga dimanfaatkan sebagai obat herbal karena kandungan yang ada di dalamnya mampu mengobati berbagai macam penyakit antara lain diabetes, maag, osteoporosis, dan kardiovaskular dengan cara merebus daunnya maupun dibuat jus. Aspek yang dilaporkan pada kutipan teks tersebut adalah...

Jawaban:

Aspek yang dilaporkan pada kutipan teks tersebut adalah kegunaan daun gedi.

Penjelasan:

Pada paragraf pertama, teks tersebut menjelaskan bahwa daun gedi merupakan salah satu sayuran yang banyak dimanfaatkan orang untuk membuat masakan. Hal ini menunjukkan bahwa daun gedi memiliki kegunaan sebagai bahan makanan.

Pada paragraf kedua, teks tersebut menjelaskan bahwa daun gedi juga memiliki kegunaan sebagai obat herbal. Hal ini menunjukkan bahwa daun gedi memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Dengan demikian, aspek yang dilaporkan pada kutipan teks tersebut adalah kegunaan daun gedi, yaitu sebagai bahan makanan dan obat herbal.

Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang kegunaan daun gedi:

Kegunaan daun gedi sebagai bahan makanan
Daun gedi dapat diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti tumis daun gedi, sayur daun gedi, dan lalapan. Daun gedi memiliki rasa yang sedikit pahit, tetapi memiliki aroma yang khas.

Kegunaan daun gedi sebagai obat herbal
Daun gedi mengandung berbagai macam nutrisi dan senyawa aktif, seperti flavonoid, saponin, dan alkaloid. Senyawa-senyawa tersebut memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan, antara lain:
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Mengatasi maag
  • Memperkuat tulang
  • Menjaga kesehatan jantung

Daun gedi dapat dikonsumsi dengan cara direbus atau dibuat jus.