Dasar Alkitab tentang Allah Sebagai Pembaharu Hidup Dapat Ditemukan dalam Kitab Apa?

Dasar alkitab tentang allah sebagai pembaharu hidup dapat ditemukan dalam kitab apa?

Jawaban:

Dasar Alkitab tentang Allah sebagai Pembaru Kehidupan dapat ditemukan dalam berbagai kitab, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru.

Dalam Perjanjian Lama, Allah digambarkan sebagai Sang Pencipta yang memberikan kehidupan kepada segala sesuatu. Allah juga digambarkan sebagai Sang Juruselamat yang membebaskan umat-Nya dari perbudakan dan dosa.

Berikut adalah beberapa contoh ayat Alkitab dalam Perjanjian Lama yang menggambarkan Allah sebagai Pembaru Kehidupan:
  • Kejadian 1:2 - "Dunia belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air."
  • Keluaran 14:30 - "Laut itu terbelah, dan orang Israel menyeberang di tengah-tengah laut di tempat kering; tetapi tembok air itu berdiri di kiri dan kanan mereka."
  • Yesaya 40:29-31 - "Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah ketekunan kepada yang lemah. Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu, dan pria-pria muda jatuh tersandung, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru; mereka bangkit dengan sayap seperti rajawali; mereka berlari dan tidak menjadi lelah, mereka berjalan dan tidak menjadi lesu."

Dalam Perjanjian Baru, Allah digambarkan sebagai Sang Juruselamat yang memberikan kehidupan kekal kepada umat-Nya melalui Yesus Kristus. Yesus Kristus adalah Sang Mesias yang dijanjikan oleh Allah untuk membebaskan umat manusia dari dosa dan maut.

Berikut adalah beberapa contoh ayat Alkitab dalam Perjanjian Baru yang menggambarkan Allah sebagai Pembaru Kehidupan:
  • Yohanes 3:16 - "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal."
  • Roma 5:1-2 - "Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita Yesus Kristus. Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah."
  • 1 Tesalonika 5:23-24 - "Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga rohmu dan jiwamu dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. Dia yang memanggil kamu adalah setia, dan Ia akan melakukannya."

Kesimpulannya, Allah adalah Pembaru Kehidupan yang memberikan kehidupan kepada segala sesuatu, baik secara jasmani maupun rohani. Allah membaharui hidup kita melalui karya penciptaan, karya penyelamatan, dan karya pengudusan.

Komentar