Dari Pengalaman Mengikuti Sekolah Minggu, Ibadah Khusus Remaja, atau Ibadah Untuk Umum, Apa Pesan yang Kamu Masih Ingat Tentang Tumbuh Menjadi Dewasa?

Dari pengalaman mengikuti Sekolah Minggu, ibadah khusus remaja, atau ibadah untuk umum, apa pesan yang kamu masih ingat tentang tumbuh menjadi dewasa?

Pertanyaan diatas adalah soal Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 2 Berjalan Besama Allah, halaman 10.

Jawaban dan Penjelasan:

Dari pengalaman mengikuti Sekolah Minggu, ibadah khusus remaja, atau ibadah untuk umum, ada beberapa pesan tentang tumbuh menjadi dewasa yang masih saya ingat. Pesan-pesan tersebut adalah:
  • Tumbuh menjadi dewasa berarti menjadi pribadi yang semakin mengenal Tuhan dan semakin mengikuti kehendak-Nya. Pesan ini saya dapatkan dari berbagai khotbah yang saya dengar, baik di Sekolah Minggu maupun di ibadah umum. Khotbah-khotbah tersebut mengajarkan saya tentang pentingnya memiliki hubungan yang dekat dengan Tuhan, serta pentingnya hidup sesuai dengan ajaran-Nya.
  • Tumbuh menjadi dewasa berarti menjadi pribadi yang semakin bertanggung jawab. Pesan ini saya dapatkan dari pelajaran Sekolah Minggu tentang kisah-kisah Alkitab. Dalam kisah-kisah tersebut, kita dapat melihat bagaimana para tokohnya belajar untuk bertanggung jawab atas perbuatan mereka. Pelajaran ini mengajarkan saya bahwa sebagai orang dewasa, kita harus memiliki tanggung jawab atas diri kita sendiri, serta tanggung jawab terhadap orang lain dan lingkungan sekitar kita.
  • Tumbuh menjadi dewasa berarti menjadi pribadi yang semakin bermanfaat bagi sesama. Pesan ini saya dapatkan dari berbagai kegiatan pelayanan yang saya lakukan di gereja. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, saya belajar untuk berbagi kasih dan menolong orang lain yang membutuhkan. Pelajaran ini mengajarkan saya bahwa sebagai orang dewasa, kita harus memiliki hati yang peduli terhadap sesama dan mau membantu mereka yang membutuhkan.

Pesan-pesan tersebut telah menjadi pedoman bagi saya dalam menjalani kehidupan sebagai orang dewasa. Pesan-pesan tersebut telah membantu saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih bermanfaat bagi sesama.

Berikut adalah beberapa contoh penjelasan lebih lanjut tentang pesan-pesan tersebut:
  • Tentang mengenal Tuhan dan mengikuti kehendak-Nya, kita dapat melakukannya dengan cara membaca Alkitab, berdoa, dan mengikuti ibadah di gereja. Kita juga dapat belajar dari orang-orang yang lebih tua dan lebih berpengalaman dalam hal iman.
  • Tentang tanggung jawab, kita dapat menunjukkan tanggung jawab kita dengan cara belajar dengan giat, mengerjakan tugas-tugas dengan baik, dan memenuhi janji-janji kita. Kita juga dapat bertanggung jawab terhadap orang lain dengan cara membantu mereka yang membutuhkan, serta menjaga lingkungan sekitar kita.
  • Tentang bermanfaat bagi sesama, kita dapat menunjukkan hal ini dengan cara memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan, baik bantuan materi maupun non-materi. Kita juga dapat menunjukkan kasih kita kepada sesama dengan cara bersikap ramah, sopan, dan saling menghormati.

Pesan-pesan tentang tumbuh menjadi dewasa ini sangat penting bagi setiap orang, tidak hanya bagi orang Kristen. Pesan-pesan tersebut dapat membantu kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih bermanfaat bagi sesama.

Komentar