Dalam Skala Kecil maupun Besar, Pasti Kalian Pernah Mengalami Perlakuan Tidak Adil dari Orang Lain

Dalam skala kecil maupun besar, pasti kalian pernah mengalami perlakuan tidak adil dari orang lain. Tuliskan apa saja perasaan yang muncul ketika kalian mengingat pengalaman seperti itu. Akan sangat wajar bila perasaan yang muncul adalah perasaan negatif. Tuliskan di buku catatan kalian dengan mengikuti urutan seperti berikut.
a. Kejadian yang saya alami adalah sebagai berikut.
b. Tindakan yang saya pernah atau rencana akan lakukan agar kejadian serupa tidak lagi berulang di kemudian hari adalah...

Pertanyaan diatas adalah soal nomor 3 Aktivitas di Luar Kelas, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 8 Prinsip Setia, Adil, dan Kasih, halaman 139.

Jawaban:

Kejadian yang saya alami adalah sebagai berikut:

Saat saya masih duduk di bangku SMP, saya pernah mengalami perlakuan tidak adil dari teman saya sendiri. Saat itu, kami sedang mengerjakan tugas kelompok. Saya sudah menyelesaikan tugas saya dengan baik, tetapi teman saya yang lain tidak menyelesaikan tugasnya. Ketika guru memeriksa tugas kami, teman saya yang tidak menyelesaikan tugasnya malah menyalahkan saya. Dia mengatakan bahwa saya tidak bekerja sama dengan baik dan tugasnya tidak selesai karena saya.

Perasaan yang muncul ketika saya mengingat pengalaman seperti itu:

Ketika saya mengingat pengalaman tersebut, saya merasa sangat kecewa, sedih, dan marah. Saya kecewa karena teman saya yang tidak menyelesaikan tugasnya malah menyalahkan saya. Saya sedih karena saya merasa dicurangi dan diperlakukan tidak adil. Saya juga marah karena saya merasa dibohongi dan direndahkan.

Tindakan yang saya pernah atau rencana akan lakukan agar kejadian serupa tidak lagi berulang di kemudian hari:

Setelah kejadian tersebut, saya lebih berhati-hati dalam berteman. Saya tidak lagi mudah mempercayai orang lain, terlebih lagi jika orang tersebut baru saya kenal. Saya juga lebih selektif dalam memilih teman yang akan saya ajak kerja kelompok. Selain itu, saya juga berusaha untuk menjadi orang yang lebih sabar dan bijaksana. Saya tidak ingin terpancing emosi ketika menghadapi orang yang tidak adil.

Penjelasan:

Perlakuan tidak adil dari orang lain dapat menimbulkan berbagai macam perasaan negatif, seperti kecewa, sedih, marah, dan bahkan dendam. Perasaan-perasaan tersebut wajar untuk muncul, tetapi penting untuk dikendalikan agar tidak merugikan diri sendiri.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghadapi perlakuan tidak adil dari orang lain. Salah satunya adalah dengan memahami bahwa perlakuan tersebut tidak selalu berarti bahwa kita adalah orang yang salah. Ada kemungkinan orang lain yang melakukan perlakuan tidak adil tersebut sedang dalam kondisi yang tidak baik, atau mungkin mereka hanya tidak memahami situasi dengan baik.

Selain itu, penting juga untuk tidak terpancing emosi ketika menghadapi orang yang tidak adil. Jika kita terpancing emosi, kita akan sulit berpikir jernih dan justru akan membuat situasi menjadi semakin buruk.

Sebagai gantinya, kita dapat mencoba untuk memahami sudut pandang orang lain. Kita juga dapat mencoba untuk bersikap sabar dan bijaksana. Dengan bersikap demikian, kita dapat menunjukkan bahwa kita adalah orang yang dewasa dan mampu mengendalikan diri.

Komentar