Dalam Hidup Sehari-Hari, Apakah Kalian Pernah Mengamati Terjadinya Perubahan Besar pada Seseorang Karena ia Sudah Mengalami Hidup Baru di dalam Kristus?

Dalam hidup sehari-hari, apakah kalian pernah mengamati terjadinya perubahan besar pada seseorang karena ia sudah mengalami hidup baru di dalam Kristus? Bila kalian tidak menemukannya, kalian bisa tanyakan kepada pendeta atau pimpinan jemaat di gereja kalian masing-masing, apa saja pengalaman yang pernah mereka alami pada diri sendiri, atau mereka temukan pada orang lain tentang perubahan seperti ini. Tuliskan hasil pengamatan kalian pada tabel di bawah ini!

Pertanyaan diatas adalah soal Pengayaan, Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK Kelas X, Bab 6 Makna Hidup Baru, halaman 102 - 103.

Jawaban:

Tabel Perubahan Hidup Baru dalam Kristus


Penjelasan

Perubahan hidup baru dalam Kristus adalah perubahan yang radikal dan fundamental. Perubahan ini tidak hanya terjadi pada perilaku seseorang, tetapi juga pada karakter dan hati nuraninya. Orang yang mengalami hidup baru di dalam Kristus akan mengalami perubahan-perubahan berikut:

1. Perubahan dalam perilaku
Sebelum mengalami hidup baru, seseorang mungkin sering melakukan hal-hal yang melanggar hukum dan norma-norma agama. Misalnya, mencuri, berbohong, atau menyakiti orang lain. Setelah mengalami hidup baru, seseorang akan menjadi orang yang taat kepada Tuhan dan hukum-hukum-Nya. Ia akan berusaha untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.

2. Perubahan dalam karakter
Sebelum mengalami hidup baru, seseorang mungkin memiliki sifat-sifat yang buruk, seperti egois, sombong, dan pendendam. Setelah mengalami hidup baru, seseorang akan memiliki sifat-sifat yang baik, seperti kasih, sabar, dan murah hati. Ia akan menjadi orang yang lebih peduli kepada orang lain dan berusaha untuk berbuat baik.

3. Perubahan dalam kehidupan rohani
Sebelum mengalami hidup baru, seseorang mungkin hidup dalam kegelapan dan dosa. Ia tidak memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan. Setelah mengalami hidup baru, seseorang akan hidup dalam terang dan kebenaran. Ia memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan dan hidup sesuai dengan kehendak-Nya.

4. Perubahan dalam tujuan hidup
Sebelum mengalami hidup baru, seseorang mungkin tidak memiliki tujuan hidup yang jelas. Ia hanya hidup untuk dirinya sendiri. Setelah mengalami hidup baru, seseorang akan memiliki tujuan hidup yang jelas, yaitu memuliakan Tuhan. Ia akan berusaha untuk hidup sesuai dengan rencana Tuhan bagi hidupnya.

Contoh Perubahan Hidup Baru dalam Kristus

Berikut adalah beberapa contoh perubahan hidup baru dalam Kristus yang saya amati dalam hidup sehari-hari:
  • Seorang pemuda yang dulunya sering berkelahi dan terlibat dalam kriminal, setelah mengalami hidup baru menjadi orang yang taat kepada hukum dan hidup dengan damai.
  • Seorang wanita yang dulunya selalu mengeluh dan menyalahkan orang lain, setelah mengalami hidup baru menjadi orang yang lebih bersyukur dan positif.
  • Seorang keluarga yang dulunya selalu bertengkar dan tidak harmonis, setelah mengalami hidup baru menjadi keluarga yang penuh kasih dan saling mengasihi.

Perubahan-perubahan ini adalah bukti nyata bahwa hidup baru dalam Kristus adalah perubahan yang nyata dan berdampak pada seluruh aspek kehidupan seseorang.

Komentar